Pengertian Puasa Beserta Quran Dan Haditsnya

Pengertian Puasa Beserta Quran Dan Haditsnya

Pengertian Puasa – Kata puasa adalah istilah yang dikenal dalam bahasa Indonesia sedangkan dalam bahasa arab kata puasa adalah “saumu”. Kata saumu menurut bahasa arab berarti “menahan dari segala sesuatu” seperti menahan makan, minum, nafsu, menahan berbicara yang tidak bermanfaat dan lain sebagainya.

Pengertian puasa menurut istilah agama islam yaitu menahan diri dari sesuatu yang membatalkannya selama satu hari mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari disertai niat dan beberapa syarat dan rukun tertentu.

Pengertian Puasa Wajib Bulan Ramadhan

Puasa Bulan Ramadhan

Pengertian puasa ini senada dengan firman allah dalam surat al-Baqarah ayat 187 yang berbunyi :

“Makan dan minumlah hingga terang bagimu benng putih dari benang hitam, yaitu fajar”

Adapun hadits nabi Muhammad SAW yang berkenaan dengan pengertian puasa ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim :

“Dari Ibnu Umar. Ia berkata : “saya telah mendengar nabi besar Saw bersabda, ‘Apabila malam datang, siang lenyap, dan matahari telah terbenam, maka sesungguhnya telah datang waktu berbuka bagi orang yang puasa’” ”.

Pengertian puasa di atas adalah pengertian secara umum yang mencakup puasa wajib yaitu puasa ramadhan dan puasa sunat.

Macam-macam ada empat macam, yaitu :

  • Puasa wajib, yaitu puasa bulan ramadhan, puasa kafarat, dan puasa nazar.
  • Puasa sunat.
  • Puasa makruh.
  • Puasa haram, yaitu puasa pada hari raya idul fitri, hari raya idul adha (haji) dan tiga hari setelah hari raya idul adha (hari tasyrik) yaitu tanggal 11-12 dan 13 bulan dzulhijah.
Baca Juga :   Apa Saja Benda Yang Wajib Dizakati ?

Puasa pada bulan ramadhan termasuk puasa yang hukumnya wajib dan termasuk salah satu rukun islam yang lima. Puasa ramadhan diwajibkan pada tahun kedua hijriyah, yaitu tahun kedua setelah nabi Muhammad SAW hijrah ke madinah. Hukum puasa ramadhan ini adalah fardu ain atas setiap umat islam yang mukallaf (balig dan berakal).
Alllah menegaskan tentang wajibnya puasa ramadhan yang tertera pada surat al-baqarah ayat 183-184 yang berbunyi :

“hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa, (yaitu) dalam beberapa hari tertentu ”

Untuk syarat dan rukun puasa ramadhan, insyallah akan saya tulis pada postingan selanjutnya.

Baca : Syarat Dan Rukun Puasa

Demikian pengertian puasa termasuk puasa ramadhan beserta dengan ayat quran dan haditsnya yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang islam yang mukallaf.

Advertisement
Pengertian Puasa Beserta Quran Dan Haditsnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: