Pengertian Semantik Secara Bahasa Dan Istilah

Pengertian Semantik Secara Bahasa Dan Istilah

Pengertian Semantik Secara Bahasa Dan Istilah – Bagi teman-teman yang terjun dalam bidang bahasa atau sedang menempuh pendidikan dalam jurusan bahasa pastinya tidak asing lagi dengan istilah kata semantik, karena semantik itu sendiri merupakan ilmu bahasa yang menjadi cabang dari linguistik. Lalu bagaimanakah pengertian semantik itu sendiri, . ???

Pada tulisan ini, saya akan mencoba menjabarkan bagaiamana pengertian semantik baik menurut bahasa atau pun menurut istilahnya, dan bagaimana pula pengertian semantik menurut para ahli atau pakar ilmu bahasa. Kata semanti secara bahasa dalam bahasa indonesia berasal dari bahasa yunani yaitu kata “sema” yang merupakan bentuk kata benda yang berarti “tanda atau lambang”, kemudian bentuk kata kerjanya adalah semaino yang berarti menandai atau melambangkan. Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan “tanda” disini adalah tanda linguistik atau tanda bahasa dalam bentuk verbal yang terdiri dari : 1) komponen yang berwujud bentuk-bentuk bunyi bahasa, 2) komponen makna dari bentuk bunyi bahasan tersebut.

Pengertian Semantik

Definisi Semantik

Sedangkan pengertian semantik menurut istilah mengandung pengertian studi tentang makna. Dalam istilah linguistik, semantik digunakan untuk mempelajari hubungan antara tanda-tanda linguistik dengan hal-hal yang ditandainya dalam wilayah wujud verbal, dalam istilah lain semantik berarti mempelajari makna atau arti dalam bahasa, maka orang yang mengerutkan dahi sebagai tanda tidak setuju menjadi tidak bermakna apa-apa bagi seseorang yang mempelajari semantik, demikian juga jika anda menemukan lampu merah di jalan sebagai tanda berhenti maka itu juga tidak termasuk dalam wilayah semantik melainkan pada tataran semiotik.

Ada beberapa pendapat tentang pengertian semantik menurut para ahli, dimana semua pengertian tersebut memiliki maksud yang sama namun dalam redaksi yang berbeda. Pertama, dikemukakan oleh kambartel bahwa semantik adalah studi tentang makna, dimana definisi semantik menurut kambartel ini sama dengan yang dikemukakan oleh George (1964). Kedua, Verhaar (1983)  mengatakan bahwa semantik berarti teori makna atau teori arti. Ketiga, dalam ensiklopedia britanika dikemukakan bahwa semantik adalah studi tentang hubungan antara suatu pembeda linguitik dengan hubungan proses mental atau simbol dalam aktivitas bicara. Ketiga pengertian cabang ilmu semantik tersebut kiranya memiliki arti atau maksud yang sama namun dalam redaksi yang berbeda.

Dalam sumber lain mungkin ada banyak pengertian atau definisi semantik yang bisa dipelajari dan tidak ditemukan dalam tulisan ini, kiranya pengertian semantik di atas bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mempelajari ilmu semantik.

Baca Juga :   Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa LPDP 2016
Advertisement
Pengertian Semantik Secara Bahasa Dan Istilah | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: