Penggunaan A Dan An Dalam Bahasa Inggris

Aturan Penggunaan A Dan An Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan A Dan An – Dalam bahasa inggris ada materi bahasa inggris yang disebut dengan indefinite article, dan salahsatu yang termasuk indefinite article adalah A dan An yang sering digunakan, dan sekarang kita akan membahas aturan penggunaannya dalam bahasa inggris.

Penggunaan A Dan An Dalam Bahasa Inggris

A Dan An Dalam Bahasa Inggris

Yang dimaksud dengan indefinite article itu sendiri adalah artikel yang digunakan untuk menunjukan sesuatu atau benda, atau juga hal yang bersifat umum.

Kita tidak bisa sembarang menggunakan kata A dan AN dalam bahasa inggris, ada aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penggunaan A dan An tersebut.

Baca Juga : Kata Tanya Bahasa Inggris

  • Aturan Penggunaan A dan An

Untuk menentukan apakah menggunakan A atau AN, kita perlu mengetahui bagaimana cara membaca huruf pertama dalam sebuah kata yang ingin digunakan atau juga singkatan, bukan dilihat dari apakah berupa huruf konsonan atau vocal.

Jika huruf pertama pada kata tersebut berupa huruf vocal akan tetapi dibaca konsonan maka harus menggunakan A misalnya A University, namun jika huruf pertama berupa huruf konsonan tapi dibaca vocal maka menggunakan article AN misalnya AN MA (M dibaca EM).

Selanjutnya, jika kata tersebut berawalan huruf “H” yang terbaca maka menggunakan article “A” misalnya A Hotel, akan tetapi jika kata tersebut berawalan huruf “H” namun tidak terbaca “H” maka menggunakan article “AN” misalnya An Hour dan An Honest Man.

  • Persamaan A dan An

A dan An termasuk indefinite article, sebagaimana telah dijelaskan di atas.

  • Perbedan A dan An

Ada perbedaan yang mencolok antara Penggunaan A dan An dalam bahasa inggris, A digunakan pada kata atau singkatan yang mana huruf awalnya adalah konsonan atau terbaca konsonan. Contoh : A Car, A Book, A House dan lain-lain (huruf B dan C termasuk huruf konsonan).

Sedangkan An digunakan pada kata atau singkatan yang berawalan huruf vocal atau terbaca vocal. Contoh : An Umbrella (U adalah huruf vocal).

Demikian materi bahasa inggris tentang bagaimana aturan penggunaan a dan an dalam bahasa inggris.

Baca Juga : Kata Sapaan Bahasa Inggris

Baca Juga :   Pengertian Verb Dalam Bahasa Inggris Dan Macam-Macamnya
Advertisement
Penggunaan A Dan An Dalam Bahasa Inggris | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: