Peran Media Massa Dalam Membangun Budaya Di Tengah-Tengah Masayarakat

Peran Media Massa Dalam Membangun Budaya Di Tengah-Tengah Masayarakat

Peran Media Massa Dalam Membangun Budaya – Kehadiran media massa dan kualitas berita yang disajikan sangat menentukan dalam terwujudnya budaya yang rukun di tengah masyarakat. Sebagai masyarakat yang pluralis dengan berbagai etnis dan agama sesungguhnya pers bisa mengupayakan dan memprioritaskan nilai-nilai perekat persatuan dan kesatuan. Upaya peningkatan tiras sudah merupakan suatu yang harus diperjuangkan dalam suatu penerbitan. Bamun maslahnya, upaya peningkatan nilai ekonomi dalam manajemen industri pers tidak menomorduakan persatuan dan kesatuan.

Peran media massa dalam membangun budaya memiliki andil yang sangat besar dalam upaya membangun budaya di tengah masyarakat kita dewasa ini, termasuk dalam hal budaya kerukunan antar umat beragama. Berita yang disajikan oleh media massa memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menentukan bentuk budaya yang dianut oleh masyarakat, dengan demikian media massa juga memiliki kaitan yang cukup erat dengan persoalan kerukunan umat beragama. Ketika media massa menyajikan informasi yang sejuk, damai dan objektif, maka hal itu akan bisa membantu terciptanya kerukunan beragama di tengah masyarakat.

Peran Media Massa Dalam Membangun Budaya

Peran Media Massa

Kebebasan pers yang tidak terkendali dewasa ini dikhawatirkan semakin menjadi ancaman serius bagi masyarakat. Dengan dalih kebebasan pers, semakin banyak penmpilan media yang cenderung merusak moral. Publikasi foto-foto vulgar di media massa misalnya kini sudah dianggap biasa, karena itu dianggap bagian dari kebebasan pers. Namun persoalan berikutnya dari efek kebebasan pers ini muncul krisis moral dan kegersangan spiritual yang semakin memprihatinkan di masayarakat. Krisis moral yang terjadi di tengah masyarakat memang harus dinilai secara jernih dan objektif, karena factor penyebabnya bisa bermacam-macam. Bukan hanya karena kehadiran media, namun bisa juga karena factor budaya, hingga pemahaman agama yang semakin dangkal.

Baca Juga :   Nama Lain Al-Quran Dengan Artinya Dan Ayatnya Secara Rinci

Manakal informasi yang dipublikasikan jujur dan objektif tentu sangat positif hasilnya bagi masyarakat. Sebaliknya manakala informasi yang dipublikasikan itu bohong, fitnah dan mengundang permusuhan maka akan menimbulkan dampak yang negative dan bahkan bisa menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Itulah sebabnya berita di media massa harus selalu memperhatikan faktor aktualitas, kejujuran dan pendidikan. Dalam mengemban fungsi tersebut, maka tidak berlebihan kalau media massa disebut memiliki tugas luhur yang ikut andil dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

Itulah sekilas tentang peran media massa dalam membangun budaya di tengah-tengat masyarakat yang saat ini memiliki pengaruh besar karena ditopang oleh akses yang lebih luas.

Advertisement
Peran Media Massa Dalam Membangun Budaya Di Tengah-Tengah Masayarakat | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: