Bagaimana Perbedaan Alquran Hadis Qudsi Dan Hadis Nabawi ?

Perbedaan Alquran Hadis Qudsi Dan Hadis Nabawi

Perbedaan Alquran Hadis Qudsi Dan Hadis Nabawi – Di dalam sumber ajaran agama islam, tentunya kita sering mendengan istilah Alquran, kemudian hadis Qudsi dan hadis Nabawi. Terkadang kita dibingungkan dengan ketiga istilah tersebut karena ada persaan dari ini pokok dalam alquran, hadis qudsi maupun hadis nabawi.

Bagaimana Perbedaan Alquran Hadis Qudsi Dan Hadis Nabawi

Alquran Hadis Qudsi Dan Hadis Nabawi

Pada tulisan ini, mari kita belajar apa itu perbedaan alquran hadis qudsi dan hadis nabawi sehingga kita bisa membedakan antara ketiga istilah tersebut.

Al-Quran

Apa itu al-quran ? Secara bahasa, al-quran diambil dari kata قرأ yang berarti “membaca”, sedangakan menurut terminologi al-quran berarti firman Allah yang berbentuk mukjizat, diturunkan kepada nabi terakhir, melalui malaikat jibril yang tertulis dalam di dalam mushahif, yang diriwayatkan kepada kita dengan mutawatir, merupakan ibadah bila membacanya, dimulai dengan surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Naas. pengertian dari alquran itu sendiri sebenarnya sudah dibahas pada tulisan sebelumnya, silahkan baca selengkapnya disini : Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah

Hadis Kudsi

Kita telah mengetahui apa itu pengertian dari hadits, itu sudah dibahas juga pada tulisan sebelumnya, silahkan lihat penjelasannya selengkapnya disini : Pengertian Hadits Nabi Muhammad SAW sedangkan yang dimaksud dengan hadis qudsi (baca:kudsi) ialah hadis yang oleh Nabi Muhamma SAW disandarkan kepada Allah swt. Nabi meriwayatkannya bahwa itu adalah kalam Allah, maka rasul menjadi perawi kalam Allah ini dengan lafal dari nabi sendiri. Bila seorang sahabat meriwayatkan hadis kudsi maka ia meriwayatkannya dari Rasulullah dengan disandarkan kepada Allah dengan mengatakan : Rasulullah mengatakan : “Allah Ta’ala telah berfirman atau berfirman Allah Ta’ala”

Baca Juga :   Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas Dalam Beribadah

Hadis Nabawi

Kata hadis dalam arti bahasa berarti “baru” yang merupakan lawan dari kata qodim yang berarti “lama”. Yang dimaksud dengan hadis itu sendiri adalah setiap kata-kata yang diucapkan dan dinukil serta disampaikan oleh manusia baik kata-kata itu diperoleh melalui pendengarannya atau wahyu, baik dalam keadaan sadar maupun dalam keadaan tidur. Sedangkan menurut istilah, pengertian dari hadis nabawi ini adalah apa saja yang disandarkan kepada Nabi SAW baik berupa perkataan, perbuatan, persetujuan atau sifat.

Dari kertiga penjelasan di atas, kiranya kita bisa mengambil kesimpulan bagaimana perbedaan alquran hadis qudsi dan hadis nabawi serta penjelasannya secara singkat. Semoga bermanfaat, .

Advertisement
Bagaimana Perbedaan Alquran Hadis Qudsi Dan Hadis Nabawi ? | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: