Perbedaan Isim Lima Dan Fiil Lima

Apa Perbedaan Isim Lima Dan Fiil Lima Itu ?

Perbedaan Isim Lima Dan Fiil Lima –  Mungkin diantara sobat pembaca blog Adinawas.com ada yang belum memahami apa yang dimaksud dengan isim lima dan apa pula yang dimaksud dengan fi’il lima sehingga menimbulkan pertanyaan apa yang membedakan antara isism lima dan fiil lima tersebut.

Baca juga : Pembagian Isim berdasarkan Jenisnya

Perbedaan Isim Lima Dan Fiil Lima

Isim Dan Fiil Lima

Sebenarnya, dari segi penamaan saja sudah sangat jelas apa perbedaan isim lima dan fiil lima dalam bahasa arab tersebut. Sebagaimana telah dibahas pada tulisan sebelumnya bahwa yang dimaksud dengan isim lima adalah sekumpulan lafadz yang terdiri dari lafadz-lafadz isim yang jumlahnya ada lima sehingga i’rabnya bisa rofa’, nashob dan khofadz, sedengkan yang dimaksud dengan fiil lima adalah kumpulan kata kerja (fi’il) yang terbentuk dari lima wazan sehingga i’rabnya bisa rafa’, nashob dan jazm.

Contoh :

Isim lima : جَاءَ اَبُوْكَ = Ayahmu sudah datang

Yang menjdi contoh isim limanya adalah lafadz اَبُوْكَ karena ia termasuk salah satu anggota isim lima, sedangkan i’rabnya adalah rofa’ karena kedudukannya menjadi fa’il dari fi’il lafadz جَاءَ.

Fi’il Lima : يَنْصُرَانِ زَيْدًا = Mereka berdua (laki-laki) sedang menolong Zaid.

Baca Juga :   Belajar Bahasa Arab Dasar Untuk Pemula

Yang menjadi contoh fi’il limanya adalah lafadz يَنْصُرَانِ karena ia ber-wazan يَفْعَلَانِ dimana wazan يَفْعَلَانِ adalah termasuk salah satu wazan fi’il lima, sedangkan i’rabnya adalah rofa’ karena tidak terdapat amil nawashib maupun amil jawazim.

Perlu diingat bahwa isil lima itu terkait dengan jumlah “lafadz” yang lima sedangkan fi’il lima adalah jumlah “wazan” yang lima.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan isim lima dan fiil lima dalam ilmu nahwu bahasa arab.

Advertisement
Perbedaan Isim Lima Dan Fiil Lima | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: