Perbedaan Quran Dengan Hadits Kudsi

5 Perbedaan Quran Dengan Hadits Kudsi

Perbedaan Quran Dengan Hadits Kudsi – Sebagaimana telah disinggung dalam tulisan sebelumnya bahwa yang dinamakan dengan hadis kudsi ialah hadis yang periwayatannya disandarkan kepada Allah SWT, dalam arti Nabi meriwayatkan bahwa hadis tersebut adalah kalam Allah, maka nabi sendiri menjadi perawi kalam Allah ini tapi dengan lafal Nabi sendiri.

Baca juga : Pengertian Hadis Kudsi

5 Perbedaan Quran Dengan Hadits Kudsi

Perbedaan Quran Dan Hadits Kudsi

Pengertian Hadis Kudsi di atas seolah ada persamaan antara hadits qudsi dengan quran, namun pada kenyataannya berbeda. Berikut ii adalah perbedaan quran dengan hadits kudsi :

1. Al-Quran adalah kalam Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dengan lafalnya, ia adalah mukjizat yang abdi hingga akhir zaman, dan dengan quran ini orang arab ditantang untuk membuat serupa quran tapi mereka tidak mampu melakukannya. Sedangkan hadis kudsi tidak untuk menantang dan bukan pula sebagai mukjizat.

2. Al-Quran hanya dinisbahkan kepada Allah, sedangkan hadis kudsi terkadang diriwayatkan dengan disandarkan kepada Allah sehingga nisbah hadis kudsi kepada Allah itu merupakan nisbah yang dibuatkan.

Baca Juga :   Hadits Arbain Nawawi | Pembahasan Sekilas

3. Seluruh isi dalam al-Quran dinukil secara mutawatir sehingga kepastiannya sudah mutlak, sedangkan hadis kudsi kebanyakannya adalah khabar ahad. Adakalanya hadis kudsi itu adalah sahih, terkadang hasan (baik) dan terkadang pula da’if (lemah).

4. Al-Quran adalah dari Allah, baik lafal maupun maknanya. Maka ia adalah wahyu, baik dalam lafal maupun dalam maknanya. sedangkan hadis kudsi maknanya saja dari Allah, sedangkan lafalnya dari Rasulullah.

5. Membaca Al-Quran merupakan ibadah dimana kita dianjurkan membacanya dalam shalat sedangkan hadis kudsi tidak demikian. Allah memberikan pahala membaca hadis kudsi secara umum saja.

Baca juga : Pengertian Al-Quran Secara Bahasa Dan Istilah

Demikian Perbedaan Quran Dengan Hadits Kudsi  secara mendasar yang memiliki beberapa kemiripan. WaAllahu A’lam, .

 

Advertisement
Perbedaan Quran Dengan Hadits Kudsi | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: