Sebab Kita Orang Melayu, Mesti Faham Bahasa Arab

Sebab Kita Orang Melayu, Mesti Faham Bahasa Arab

Bahasa arab adalah salahsatu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, terlebih untuk derah di negara-negara timur tengah bahasa arab ini menjadi bahasa resmi sebuah negara. Namun, bahasa arab sebenarnya tidak hanya digunakan di negara-negara timur tengah semata akan tetapi juga bahasa arab kini banyak digunakan di asia tenggara hanya saja bukan sebagai bahasa resmi tapi sebagai pintu untuk mempelajari ilmu-ilmu yang bersumber dari buku-buku yang menggunakan bahasa arab.

Sebagaimana kita ketahui bahwa bahwa sumber ilmu pengetahuan yang menggunakan bahasa arab, yang paling dasar dan utama adalah ilmu-ilmu yang terdapat di dlam al-qur’an dan al-hadits. Selain itu, di negara asia tenggraa khususnya orang melayu, banyak kosakata atau kata serapan yang diambil dari bahasa arab misalnya kata waris yang berasal dari kata “ورث“,  terjemah dari kata “ترجمة“, kitab dari kata “كتاب” sultan dari kata “سلطان” dan lain sebagainya.

Kepentingan Mempelajari Bahasa Arab

Orang melayu merupakan suku yang sudah akrab dengan bahasa arab sejak lama, terbukti banyak tokoh-tokoh islam yang lahir dari orang melayu sebut saja seperti Syeikh Nuruddin Ar-Raniri beliau adalah seorang tokoh islam yang berasal dari aceh yang sangat terkenal sampai saat ini sehingga namanya diabadikan dalam sebuah nama kampus di aceh yaitu Universitas Islam Negeri Ar-Raniri.

Sebagai orang melayu, kita mesti faham bahasa arab karena dalam kehidupan sehari-hari juga kita sering menggunakan kata serapan yang berasal dari bahasa ini, terutama bagi anda pemeluk agama islam karena sudah barang tentu setiap kali kita beribadah pasti menggunakan bahasa arab. Oleh karenanya, kita mesti belajar bahasa arab sedini mungkin supaya kita bisa terbiasa menggunakan bahasa arab dikala sudah besar nanti. Kini, bahasa arab sudah banyak diajarkan di sekolah-sekolah mulai dari SMP, SMA sampai perguruan tinggi.

Kita bisa membiasakan menggunakan bahasa arab dengan cara rajin-rajin membaca al-quran sambil memahami artinya, bagi anda yang kesulitan bisa menggunakan al-quran terjemah atau juga menggunakan kamus bahasa arab. Macem mane, Apakah awak sudah faham bahasa arab ?

Baca Juga :   Trend Baru Pendidikan Islam Di Indonesia
Advertisement
Sebab Kita Orang Melayu, Mesti Faham Bahasa Arab | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: