Selamat Hari Santri Nasional | Nilai-Nilai Perjuangan

Nilai-Nilai Perjuangan Selamat Hari Santri Nasional

Selamat Hari Santri Nasional – 22 Oktober ditetapkan sebagai hari santri santri Nasional. Nilai-nilai apa yang bisa kita petik dari hari santri nasional resolusi jihad NU ini? Sejarah kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran santri. Dalam perjalanannya, para santri yang dipimpin oleh kiyai memiliki peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Nilai-Nilai Perjuangan Selamat Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional

Bila kita hendak menilik kembali sejarang masa silam, setiap perjuangan melawan penjajahan belanda selalu dimotori oleh para kiyai yang diikuti oleh santri-santrinya. Coba kita lihat perjuangan tiap daerah masing-masing, pastilah disana ada peran kiyai yang mengerakan santrinya bersama masyarakat untuk gigih melawan kolonial belanda.

Bahkan, jenderal besar yang sangat terkenal melawan penjajahan belanda dari Yogyakarta, jenderal sudirman, ia adalah seorang guru ngaji yang memiliki banyak murid (santri).

Atas dasar kenyataan sejarah itulah maka peranan santri patut diapresiasi, maka lahirlah hari santri nasional. Kenapa harus hari santri? karena semua pejuang yang meminpi pergerakan melawan penjajahan belanda di daerahnya masing-masing dahulunya adalah seorang santri.

Sejarah santri dalam melawan penjajahan adalah realitas masa lalu, namun perjuangan para santri tidak berhenti sampai pada terwujudnya kemerdekaan. Spirit santri yang begitu menggelora pada zaman penjajahan di masa lalu harus tetap ada sampai sekarang. Santri harus terus berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih oleh para pendahulunya.

Baca Juga :   Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan Dengan Pegertiannya

Kini, santri memiliki tantangan yang tidak kalah beratnya dengan para pendahulunya. Dulu, Resolusi jihadĀ  digelorakan oleh para tokoh-tokoh kiyai untuk melawan penjajah belanda. Demikian halnya sekarang, santri juga harus menggelorakan resolusi jihad dengan melawan kebodohan dan ketertinggalan.

71 tahun Indonesia merdeka rasanya kita masih jauh kata “merdeka” itu sendiri. Kesejahteran dan keadilan sosial yang seharusnya melekat pada negara yang merdeka rasanya masih amat jauh. Peran aktif dari para santri perlu untuk terus digalakan seperti halnya dahulu.

Santri disini tidak terbatas pada seseorang yang pernah modok saja, lebih dari itu santri adalah setiap orang yang memiliki akhlak dan prilaku yang “nyantri” maka dia adalah santri. Artinya, perjuangan akan terwujudnyan kesejahteran dan keadilan sosial bukan hanya tanggung jawab orang yang mondok saja tapi itu adalah kewajiban kita semua sebagai seorang warga negara yang baik.

Selamat hari santri nasional semoga setiap kita bisa menjadi santri yang paripurna.

Advertisement
Selamat Hari Santri Nasional | Nilai-Nilai Perjuangan | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: