Tuntunan Shalat Tahajud, Tata cara, Niat Dan Doanya Lengkap

Tuntunan Shalat Tahajud : Niat, Doa dan Tata Caranya

Shalat Tahajud – Shalat Tahajud adalah salah satu shalat yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena begitu besarnya pahala yang akan didapatkan dari shalat sunat tahajud tersebut. Diriwayatkan oleh sahabat bahwa Rasulullah SAW tidak pernah terlewatkan untuk mendirikan shalat tahajud setiap malam sehingga sepatutnya bagi kita sebagai umatnya mau mengikuti salah satu kebiasaan Rasululllah tersebut. Allah SWT telah menjanjikan pertolongan dan akan ditempatkan pada tempat yang terpuji bagi siapa saja yang mau melaksanakan shalat tahajud setiap malam.

Baca juga : Hikmah Shalat 5 Waktu Dengan Berjamaah

Hukum Melaksanakan Shalat Tahajud

Shalat tahujud sendiri hukumnya adalah sunnat Muakkad artinya amalan yang sangat dianjurkan. Allah berfirman sebagaimana yang termaktub dalam al-qur’an surat Al-Isra ayat 79 yaitu :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا.

Artinya : “Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79)

Dari kutipan ayat di atas sangat jelas sekali bahwa Allah swt sangat menganjurkan kita untuk melaksanakan shalat tahajud sebagaimana telah dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW.

Tuntunan Shalat Tahajud, Tata cara, Niat Dan Doanya Lengkap

Tuntunan Shalat Tahajud

Tata Cara Shalat Tahajud

Shalat tahajud dilaksanakan pada waktu sepertiga malam akhir kira-kira pukul 02 sampai sebelum subuh tiba. Ketika anda hendak melaksanakan shalat tahajud maka diharuskan untuk tidur terlebih dahulu, meskipun hanya sebentar saja misalnya 10 menit. Adapun jumlah rakaat dalam shalat tahajud adalah paling sedikit dua raka’at dan paling banyak delapan raka’at namun ada yang berpendapat sampai dua belas raka’at. Jika anda hendak melaksanakan shalat tahajud lebih dari dua raka’at maka caranya adalah dengan dua-dua raka’at, artinya setiap dua raka’at harus salam.

Niat Shalat Tahajud

Sebagaimana shalat-shalat lainnya, Untuk melaksanakan shalat tahajud kita perlu niat terlebih dahulu seperti ini :

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Usahlli Sunnata Tahajudi Rok’ataini Lillahi Ta’aala

Artinya:
Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Doa Shalat Tahajud

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bagi anda yang kesulitan dengan tulisan arab, niat do’anya dalam tulisan latin :

Baca Juga :   Pengertian Haji Dan Syarat Wajib Haji Dalam Islam

Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun. Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca juga : Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab Dan Latinnya Serta Terjemahannya

Demikianlah tuntunan shalat tahajud mengenai tata cara, hukum, niat dan doanya secara lengkap. Semoga bermanfa’at.

Advertisement
Tuntunan Shalat Tahajud, Tata cara, Niat Dan Doanya Lengkap | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: