Sunnah Saat Berpuasa Menurut Hadits Rasulullah

Sunnah Saat Berpuasa Menurut Hadits Rasulullah

Sunnah Saat Berpuasa – Sunnah puasa adalah hal-hal yang sangat dianjurkan oleh rasulullah untuk dilakukan saat berpuasa dimana kita akan mendapatkan pahala lebih ketika melakukan hal tersebut. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas tentang apa saja yang menjadi sunnah atau amalan Rasul saat berpuasa menurut hadits rasulullah Saw.

Sunnah Saat Berpuasa

Sunnah Berpuasa

Baca Juga : Perkara Yang Membatalkan Puasa

Adapun sunnah saat berpuasa tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pertama, Sunnah yang Pertama yaitu Menyegerakan untuk berbuka puasa apabila telah nyata dan yakin bahwa matahari sudah terbenam. Rasulullah bersabda : “Dari Sahl Bin Sad, “Rasulullah berkata, ‘senantiasa manusia dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa’” (Riwayat Bukhari Dan Muslim)”.
  • Kedua, Berbuka dengan buah kurma atau sesuatu yang manis, jika tidak maka dengan air putih. Diriwayatkan dari Anas, “Nabi Saw berbuka dengan rutab (kurma gemading) sebelum shalat; kalau tidak ada, dengan kurma; kalau tidak ada juga, beliau minum beberapa teguk.” (Riwayat Abu Dawud Dan Tirmidzi).
  • Ketiga, Berdoa ketika akan berbuka puasa adalah sunnah saat berpuasa yang ketiga. Rasulullah bersabda : “Diriwayatkan dari Ibnu Umar, Rasulullah saw. Apabila berbuka puasa, beliau berdoa : Ya Allah, karena engkau saya berpuasa, dan dengan rizki pemberian engkau saya berbuka, dahaga telah lenyap dan urat-urat telah minum, serta pahala telah tetap bila allah Swt menghendaki.” (Riwayat Bukhari Dan Muslim).
  • Keempat, Makan sahur terlebih dahulu supaya bisa menambah kekuatan ketika berpuasa. Sabda Rasulullah saw : Dari Anas, “Rasulullah saw telah berkata, ‘makan sahurlah kamu. Sesungguhnya makan sahur itu mengandung berkat (dapat menguatkan badan ketika menhan lapar karena berpuasa)’” (RIWAYAT BUKHARI DAN MUSLIM).
  • Kelima, Mengakhirkan makan sahur tepat sebelum fajar. Sabda Rasulullah saw : Dari Abu Zarr, “Rasulullah Saw. Telah berkata, ‘senantiasa umatku dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka’.” (RIWAYAT AHMAD).
  • Keenam, sunnah saat berpuasa selanjutnya adalah memberi makan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa. Sabda Rasulullah Saw : “barang siapa member makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa, maka ia mendapat ganjaran sebanyak ganjaran orang yang puasa itu, tidak kurang sedikit pun.”
  • Ketujuh, Hendaklah memperbanyak sedekah selama dalam bulan puasa. Sabda rasulullah saw : Dari Anas, “Ditanyakan orag kepada Rasulullah saw, ‘kapankah sedekah yang lebih bak ? Jawab Rasulullah saw. ‘sedekah yang paling baik ialah sedekah pada bulan ramadhan’.” (RIWAYAT TIRMIZI).
  • Kedelapan, Memperbanyak membaca al-Quran dan mempelajarinya (belajar atau mengajar) karena mengikuti perbuatan Rasulullah Saw.
Baca Juga :   Doa Mohon Lunas Hutang Dalam Al-Quran Dan Terjemahnya

Demikian delapan sunnah saat berpuasa yang biasa dilakukan oleh Rasulullah Saw saat beliau berpuasa.

Baca Juga : Syarat Dan Rukun Puasa

Advertisement
Sunnah Saat Berpuasa Menurut Hadits Rasulullah | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: