Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan Dengan Pegertiannya

Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan Dengan Pegertiannya

Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan – Puasa pada bulan suci ramadhan adalah puasa yang diwajibkan bagi setiap orang yang beragama islam. Namun, tidak semua orang memiliki kewajiban akan puasa ramadhan karena ada beberapa syarat dan rukun tertentu yang membuat puasa ramadhan menjadi wajib.

Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan

Syarat Dan Rukun Puasa

Syarat-syarat puasa ramadhan

Syarat yang harus terpenuhi pada puasa ramadhan terbagi dua, yaitu syarat wajib dan syarat sah. Syarat wajib artinya puasa ramadhan menjadi wajib ketika semua syarat ada pada orang tersebut, sedangkan syarat sah artinya puasa yang dilakukan oleh orang terseut menjadi sah ketika orang tersebut tidak melanggar syarat sahnya.

Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan : Syarat Wajib Puasa

  1. Berakal. Maka, orang yang gila tidak diwajibkan untuk berpuasa.
  2. Balig (sekitar umur 15 tahun) atau biasanya ada tanda yang lain sehingga dia dikatakan balig. Maka, anak-anak menjadi tidak wajib untuk berpuasa.
  3. Kuat berpuasa. Maka, orang yang tidak kuat untuk berpuasa menjadi tidak wajib misalnya karena sudah tua atau sakit.

Kedua syarat wajib tersebut di atas (no 1 dan 2) sesuai dengan hadits nabi Saw yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Nasai, yng berbunyi :

“Tiga orang terlepas dari hukum (puasa) : (a) orang yang sedang tidur hingga ia terbangun, (b) orang gila sampai ia sembuh, (c) anak-anak sampai ia balig”

Sedangkan syarat yang ke 3 sesuai dengan firman allah dalam surat al-Baqarah ayat 185 :

“Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.”

Jika kita meninggalkan puasa wajib karena suatu alas an maka kita wajib menggantinya, hal ini sesuai dengan firma allah dalam surat al-Baqarah ayat 184 :

Baca Juga :   Kapan Dan Dimana Al Quran Diturunkan Pertama Kali ?

“wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin.”

Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan : Syarat Sah Puasa

  1. Islam. Maka, orang yang bukan beragama islam tidak sah puasanya.
  2. Mumayyiz (dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik).
  3. Suci dari darah haid (kotoran) dan nifas (darah sehabis melahirkan). Maka, wanita yang sedang haid dan nifas tidak sah puasanya akan tetapi keduanya wajib menggantinya (Qada) puasa yang ditinggalkannya itu.
  4. Pada waktu yang diperbolehkan untuk berpuasa. Maka, dilarang berpuasa pada waktu yang tidak diperbolehkan seperti hari raya dan hari tasyrik.

Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan : Rukun Puasa

  1. Niat pada malam harinya, yaitu setiap malam sebelum puasa itu dilakukan selama bulan ramadhan. Kecuali puasa sunat, maka niat puasa sunat diperbolehkan pada siang hari asalkan sebelum zawal (matahari condong ke barat).
  2. Menahan diri dari segala yang membatalkan mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Syarat dan rukun di atas tidak hanya berlaku pada puasa wajib saja, akan tetapi berlaku juga pada puasa sunat seperti puasa senin kamis, daud, rajab, sya’ban dan syawal.

Demikianlah syarat dan rukun puasa ramadhan yang harus terpenuhi ketika kita ingin melaksanakan ibadah puasa baik puasa sunat maupun puasa wajib pada bulan ramadhan.

Yang dicari:

Advertisement
Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan Dengan Pegertiannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: