Tafsir Al-Quran – Pentingnya Memahami Ayat-Ayat Al-Quran

Pentingnya Tafsir Al-Quran

Tafsir Al-Quran – Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia di dunia agar mereka bisa selamat baik di dunia maupun di akhirat. Allah menurunkan kitab “al-Quran” sebagai undang-undang bagi semua kaum muslimin, dan jalan untuk mereka lalui dalam perjalanan hidupnya supaya mereka medapatkan petunjuk yang benar sehingga manusia bisa memperoleh kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan dan kehormatan.

tafsir al quran

tafsir al-quran

Akan tetapi, penerapan ajaran-ajaran yang terkandung dalam al-Quran ini tentu tidak akan tercapai manakala kita hanya melihat cangkangnya saja. Untuk mengetahui ajaran-ajaran al-quran, kita perlu memahami dan menganalisa ayat-ayat al-Quran dengan ilmu-ilmu al-quran (ulum al-Quran) sehingga hasil pemahamannya tidak sembarangan, sebagai bentuk upaya analisa dan pemahaman terhadap ayat-ayat al-quran tersebut maka muncullah tafsir al-quran. (Baca : Pengertian Ilmu Al-Quran)

Tafsir al-quran adalah sebuah kunci utama untuk mengungkap segala mutiara hikmah dan ajaran-ajaran yang terkandung dalam kitab suci al-Quran tersebut. Tanpa kunci ini, kita tidak bisa meraih kesempurnaan mutiara makna yang terkandung dalam kitan suci al-quran .

Sungguh sangat disayangkan, jika umat islam dalam kesehariannya hanya cukup membaca lafad-lafad al-quran lalu melantunkannya dengan suara-suara merdu akan tetapi tidak membekas di hati mereka karena ketidak fahaman terhadap makna (tafsir al quran) yang terkandung di dalam ayat-ayat al-quran tersebut. Mereka tidak memperoleh bagian dari kemulyaan al-quran kecuali hanya sekedar suka cita mendengarkannya dan juga sekedar mengambil barokah dari bacaan-bacaannya tanpa mengetahui maksud dari ayat yang didengarkannya tersebut.

Baca Juga :   Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu al-Quran ?

Munkin kejadian seperti diataslah yang dimaksudkan oleh nabi dalam sabdanya :

يَتَّخِذُونَ القُرآنَ مَزَامِبرَ

“Mereka menjadikan al-quran sebagai seruling”

Maka disinilah pentingnya tafsir al-quran yang perlu kita pelajari sehingga kita bisa memperoleh kemuliaan yang sempurna.

Kita terkadang sering lupa bahwa barokah yang paling utama dari al-Quran adalah menganalisa dan memahaminya, kemudian menjadikannya sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari, melaksanakan ajaran-ajarannya, melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Allah berfirman yang diabadikan dalam surat Shaad ayat 29 yang artinya :

  1. ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.

Sebagai umat islam, semestinya kita tidak hanya pandai membacanya saja akan tetapi kita juga perlu mempelajari tafsir al-quran tersebut sehingga kita bisa mendapatkan berkah dari al-quran dengan sempurna.

Yang dicari:

Advertisement
Tafsir Al-Quran – Pentingnya Memahami Ayat-Ayat Al-Quran | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: