Tata Cara Kode Etik Penulisan Karya Ilmiah

Tata Cara Kode Etik Penulisan Karya Ilmiah

Kode Etik Penulisan Karya Ilmiah – Setelah kita mengetahui Pengertian Artikel Ilmiah maka kita harus tahu bagaimana kode etik yang harus dipatuhi oleh seorang penulis karya ilmiah. Kode etik adalah seperangkat aturan atau norma yang harus diperhatikan oleh seorang penulis ketika ia hendak menulis sebuah karya ilmiah. Norma dan aturan-aturan tersebut meliputi pengutipan dan perujukan, perizinan terhdap bahan yang digunkan oleh penulis, dan penyebutan sumber data atau informasi.

Lihat juga : ISLAM DAN MODERNISASI

Kode Etik Penulisan Karya Ilmiah

Kode Etik Karya Ilmiah

Seperti kegiatan-kegitan lainnya, proses penulisan juga mempunya kode etik atau etika yang harus digunakan oleh seorang penulis ketika menulis sebuah karya atau artikel ilmiah. Kode etik penulisan karya ilmiah secara garis besar adalah pengakuan bahwa karya itu adalah murni hasil karya pribadi, kalau pun harus mengutip tulisan ide atau pokok fikiran dari orang lain maka kita harus mencantumkan sumber ide pokok fikiran tersebut sehingga tulisan tersebut tidak termasuk kategori Plagiasi.

Plagiasi merupakan kesalahan atau dosa besar dalam dunia tulis menulis, terutama dalam penulisan sebuah karya ilmiah seperti skripsi, tesis dan disertasi. Jika seorang penulis karya ilmiah kedapatan melakukan tindak plagiasi dalam karyanya makan gelar yang didapat dari hasil penulisan karya ilmiah tersebut bisa dicopot, misalnya seorang mahasiswa s3 membuat disertasi akan tetapi ia kedapatan melakukan tindak plagiasi dalam disertasinya maka gelar doktor (Dr.) yang diberikan pada mahasiswa s3 tersebut bisa dicopot.

Baca Juga :   ANALISIS JINAS DALAM SURAT AN-NAML DAN AL-AHZAB

Kejadian pencopotan gelar tersebut pernah terjadi pada beberapa mahasiswa kita di Indonesia bahkan pernah terjadi pada kalangan orang terkemuka di negeri ini. Maka dari itu, hendaknya kita benar-benar bisa memperhatikan kode etik penulisan karya ilmiah sehingga kita terhindar dari tindakan plagiasi karena plagiasi adalah sebuah kecurangan yang sangat merugikan orang lain sebagai penulis karya tersebut.

Sebenarnya dalam dunia tulis menulis, kegiatan pengutipan atau rujukan pada karya tulis hasil dari tulisan orang lain merupakan hal yang wajar dan tidak dapat dihindarkan bahkan sangat dianjurkan karena justru hal tersebut bisa membuat sebuah karya tulisan ilmiah semakin berkembang dan kaya akan informasi hanya saja, seperti yang sudah dijelaskan tadi, kita harus memperhatikan kode etik penulisan karya ilmiah tersebut.

Source : Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Hal 7.

Advertisement
Tata Cara Kode Etik Penulisan Karya Ilmiah | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: