Berkunjung Ke Tempat Wisata Monjali Jogjakarta

Tempat Wisata Monjali Jogjakarta

Wisata Monjali Jogjakarta – Monumen jogja kembali atau lebih dikenal dengan singkatannya “monjali” adalah sebuah museum monumen yang sengaja dibangun untuk mengingat sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia terutama pergolakan yang terjadi di wilayah jogjakarta. Selain dibangun menjadi sebuah monumen, monjali ini juga menjadi tempat wisata di jogjakarta yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke kota gudeg ini. Tempat wisata monjali sangat cocok untuk anda kenalkan kepada anak-anak sebagai penerus bangsa sehingga mereka bisa tahu dan mengenal bagaimana sejarah panjang perjuangan para pahlawan bangsa indonesia dalam meraih kemerdekaan di tanah ibu pertiwi ini.

Foto Tugu Wisata Monjali Jogja

Foto Tugu Monjali Jogja

Lihat juga : Wisata Jembatan Babarsari Jogja

Sejarah Singkat Wisata Monjali Jogjakarta

Monumen jogja kembali Dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan ditandai upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Gagasan didirikannya monumen ini pertama kali dilontarkan Kolonel Sugiarto, sebagai Wali kota madya Yogyakarta pada saat itu, dalam Peringatan Yogya Kembali yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Tingkat II Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1983.

Nama Yogya Kembali dipilih memiliki maksud sebagai penanda peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari Ibu kota Yogyakarta yang terjadi pada tanggal 29 Juni 1949. Hal ini sebagai tanda awal bebasnya Bangsa Indonesia secara nyata dari kekuasaan penjajahan pemerintahan Belanda. Adapun lokasi monumen jogja kembali ini terletak di Dusun Jongkang, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman (Lihat Petanya DISINI).

(Sumber : www.monjali-jogja.com).

Sejarah Tugu Wisata Monjali Jogja

Sejarah Tugu Monjali Jogja

Selain sebagai tempat bersejarah, monjali juga dilengkapi dengan sebuah taman yang bisa anda nikmati untuk sekedar nongkrong atau menikmati indahnya malam di jogjakarta karena taman lampion ini hanya akan beroprasi pada malam hari. Sebagaimana namanya, di taman ini terdapat banyak lampion yang menghiasi sekitar taman dan akan terlihat indah jika dilihat di malam hari.

Untuk menikmati tempat wisata monjali jogjakarta ini anda cukup merogoh kocek Rp. 15.000/orang, dengan harga tiket sebesar itu anda bisa jalan-jalan untuk napak tilas menyelusuri sejarah perjuangan bangsa indonesia sekaligus menikmati indahnya taman lampion pada malam hari, tentu sangat murah sekali bukan .

Taman Lampion Wisata Monjali Jogjakarta

Taman Lampion Monjali Jogjakarta

Ketika dulu saya mengunjungi monjali ini, ada salah satu foto yang memajang kata mutiara dari jenderal sudirman yang sangat bermakna dan kata mutiara ini tentu sangat cocok bagi para mahasiswa yang sedang berjuang menempuh pendidikan di jogjakarta sebagai pembakar semangat agar selalu semangat dalam menempuh pendidikannya. Bunyinya adalah “DALAM MENGHADAPI KEADAAN APAPUN JANGAN LENGAH, SEBAB KELENGAHAN MENIMBULKAN KELEMAHAN DAN KELEMAHAN MENIMBULKAN KEKALAHAN SEDANG KEKALAHAN MENIMBULKAN PENDERITAAN”.

Kata Mutiara Di Wisata Monjali Jogja

Kata Mutiara Jenderal Sudirman

Kalau para pahlawan dahulu berjuang mengusir penjajah belanda, munkin sekarang mahasiswa berjuang mengusir kebodohan dan kemalasan.

Itulah sekilas tentang tempat wisata monjali jogjakarta yang bisa memberikan pendidikan yang baik buat teman-teman.

Baca Juga :   Sungai Tempat Mancing Di Jogja Paling Sederhana
Advertisement
Berkunjung Ke Tempat Wisata Monjali Jogjakarta | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: