Pesona Jembatan Barelang Batam

Pesona Wisata Dan Sejarah Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang Batam – Sebagaimana kota-kota lainnya, batam juga memiliki icon yang sangat terkenal terutama dikalangan masyarakat setempat yaitu jembatan Barelang. Barelang sendiri adalah singkatan dari tiga daerah atau pulau yang digabungkan dengan jembatan ini yaitu daerah BAtam, REmpang, dan gaLANG. Nama Barelang sebetulnya hanyalah sebutan yang diberikan oleh masyarakat setempat dimana nama asli dari jembatan ini adalah jembatan fisabilillah, dan nama lain dari jembaran Barelang di Batam ini adalah jembatan habibie dan jembtan satu.

Jembatan Barelang menghubungkan enam pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Jembatan Barelang Batam

Pesona Jembatan Barelang

Sejarah jembatan Barelang batam pertama kali diprakarsai oleh presiden Indonesia ketiga yaitu B. J. Habibie dimana ia adalah dia adalah ketua otorita batam pada saat itu, dia membangun enam buah jembatan untuk menghubungkan ketiga pulau dengan tujuan untuk memudahkan akses diantara ketga pulau tersebut.

Jembatan Barelang ini terdiri dari enam buah jembatan, keenam buah jembatan Barelang tersebut adalah terdiri dari :

  • Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar
  • Jembatan Nara Singa (jembatan II)
  • Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
  • Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
  • Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
  • Jembatan Raja Kecik (jembatan VI)
Baca Juga :   Cara Memilih Maskapai Penerbangan Yang Aman

Pesona jembatan Barelang Batam sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat. Masyarakat sekitar sering menjadikan jembatan Barelang ini sebagai destinasi wisata atau liburan, dimana mereka bisa bersantai melepas penat.

Kita ketahui bahwa banyak penduduk di kota batam, baik penduduk asli maupun pendatang, berprofesi sebagai buruh atau karyawan di sebuah pabrik, sehingga sesekali jembatan Barelang ini dijadikan sebagai tempat hiburan atau jalan-jalan.

Pesona Jembatan Balerang Kota Batam

Pesona Jembatan Balerang Di Batam

Dari atas jembatan ini kita bisa melihat keindahan sungai yang membentang dan memisahkan antara satu pulau dengan pulau lainnya, hembusan angin yang kencang sangat terasa manakala kita berada di atasnya. Sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan bisa mengunjungi jembatan ini.

Bagi anda yang berkunjung untuk ke kota batam, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi jembatan Barelang batam ini.

Yang dicari:

Advertisement
Pesona Jembatan Barelang Batam | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: