10 Macam Sunnah Sunnah Wudhu Yang Sangat Dianjurkan

10 Macam Sunnah Sunnah Wudhu Yang Sangat Dianjurkan

Artikel kali ini akan membahas tentang apa saja yang termasuk sunnah sunnah wudhu supaya kita bisa meraih keutamaan dalam berwudhu. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu pengertian wudhu, kemudian bagaimana niat serta rukun-rukun wudhu dan diakhiri dengan doa wudhu lengkap dalam tulisan arab dan latin serta terjemahannya dalam bahasa indonesia.

Ketika kita hendak melakukan wudhu, baik itu untuk melakukan shalat wajib atau sunnah maka hendaknya kita tidak meninggalkan sunnah sunnah wudhu agar kita mendapatkan keutamaan dalam melaksanakan wudhu tersebut.

Berikut ini adalah sunnah-sunnah wudhu yang haru sobat ingat dan jangan sampai meninggalkannya :

1. Membaca Basmalah

Setiap perbuatan yang baik tentunya akan lebih utama jika dimulai dengan bacaan basmalah termasuk juga di dalamnya wudhu. Setiap kita hendak berwudhu maka sangat dianjurkan untuk membaca basmalah terlebih dahulu.

2. Membasuh Kedua Telapak Tangan

Sebelum wudhu dimulai maka hendaknya kita membasuh kedua telapak tangan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kita bisa memeriksa kalau-kalau ada kotoran atau benda yang menempel pada tangan.

3. Berkumur-kumur

Adapun sunnah wudhu selanjutnya ialah berkumur-kumur. Ini sebenarnya bukanlah termasuk dari rukun wudhu, ia hanya sunnah saja untuk dilakukan, artinya jika kita meninggalkan kumur-kumur pun tidak masalah.

4. Membasuh Lubang Hidung

Lubang hidung mungkin salah satu yang berpotensi untuk menyimpan kotoran sehingga kita disunnahkan untuk membasuh lubang hidung terlebih dahulu sebelu melakukan wudhu.

5. Menyapu Seluruh Rambut Kepala

Pada dasarnya, yang wajib dilakukan pada rambut kepala hanya mengusap sebagiannya saja, akan tetapi akan lebih utama jika kita mengusap atau menyapu seluruh bagian permukaan rambut kepala. Ingat, hanya mengusap, bukan membasuh.

6. Mendahulukan Anggota Kanan

Sunnah wudhu selanjutnya ialah mendahulukan anggota wudhu bagian kanan dan diakhiri dengan bagian kiri, misalnya ketika hendak membasuh tangan maka dahulukan tangan kanan kemudian baru tangan kiri.

7. Mengusap Kedua Telinga

Mungkin banyak diantara sobat pembaca adinawas.com bahwa mengusap kedua telingan tidaklah termasuk rukun wudhu, namun ia hanyalah sunnah saja.

8. Membasuh Sebanyak 3 Kali

Setiap kali kita membasuh anggota wudhu maka hendaknya membasuh sebanyak tiga kali, walaupun yang wajibnya hanya satu kali saja.

9. Menyela Jari Tangan dan Kaki

Untuk memebersihkan bagian jari-jari baik bagian tangan maupun kaki maka hendaknya kita menyela-nyela jari tersebut, disamping untuk membersihkan ia juga termasuk salah satu sunnah wudhu yang sebaiknya kita lakukan.

10. Membaca Doa

Yang terakhir tentunya adalah membaca doa. Ya, setiap pertbuatan baik tentunya akan lebih baik jika diakhiri dengan doa. Untuk doa wudhu sendiri bisa sobat lihat pada artikel sebelumnya.

Rincian sunnah sunnah wudhu di atas hendaknya bisa kita amalkan dalam setiap kali kita melakukan wudhu supaya memiliki nilai lebih di hadapan Allah swt. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.