3 Landasan Filosofi Zakat Dalam Islam Yang Perlu Kita Ketahui

3 Landasan Filosofi Zakat Yang Perlu Kita Ketahui

Sebuah syari’at biasanya terjadi atas dasar landasan filosofi yang melatarbelakanginya, dalam hal ini adalah zakat. Landasan filosofi zakat adalah tema yang akan dibahas pada tulisan kali ini, dimana sebelumnya kita sudah membahas bagaimana dasar hukum zakat menurut tinjauan al-Quran dan hadits yang sudah dijelaskan secara panjang lebar pada tulisan sebelumnya.

Baca juga : Pengertian Zakat

Segala sesuatu pastinya memiliki landasan filosofi, adapaun landasan filosofi zakat setidaknya ada 3, sebagaimana yang diutarakan oleh M. Quraish Shihab sebagai berikut :

Istikhlaf

Landasan yang pertama adalah istikhlaf. Apa yang dimaksud dengan istikhlaf? Istikhlaf ialah penugasan sebagai khalifah di muka bumi ini. Manusia diciptakan Allah sebagai khalifah di bumi sebagaimana yang terkandung dalam surat al baqarah ayat 30 bahwasannya Allah akan menciptakan Khalifah di bumi.

Pada dasarnya, setiap harta benda yang dimiliki oleh manusia hanyalah sebatas titipan sebagai amanah dari Allah untuk manusia agar digunakan untuk hal-hal yang baik sesuai dengan peruntukannya, manakala ada orang yang mendapatkan rezeki lebih maka ia wajib untuk peduli terhadap saudaranya yang kekurangan dengan cara mengeluarkan zakat.

Solidaritas Sosial

Bentuk solidaritas sangatlah bermacam-macam, dan salah satu bentuknya yang paling real adalah dengan mengeluarkan zakat. Solidaritas sebagai landasan filosofi zakat tentunya harus menjadi kesadaran bagi siapa saja yang memiliki kelebihan harta, tidak hanya bagi umat islam akan tetapi juga bagi siapa saja yang merasa dirinya sebagai manusia.

Kemiskinan yang menjadi pokok permasalahan di negara kita lambat laun pastinya akan teratasi ketika semua orang yang memiliki kemampuan ekonomi lebih memiliki kepedulian yang tinggi kepada mereka yang kekurangan.

Persaudaraan

Setiap orang yang beriman adalah saudara, saudara seiman. Kesadaran bahwa kita semua adalah bersaudara akan mendorong kita untuk selalu membantu satu sama lain, dalam hal ini adalah zakat, maka nilai persaudaraan ini menjadi landasan filosofi zakat.

Baca juga : Pengertian Zakat Rikaz Atau Harta Terpendam

Dengan mengetahyui 3 landasan filosofi zakat di atas semoga bisa memberikan pemahaman dan motivasi lebih bahwasannya zakat itu tidak hanya sebatas menjalankan syari’at akan tetapi lebih dari itu ia merupakan solusi bagi permasalahan kemanusiaan secara umum. Wallahu A’lam Bishawaab

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.