5 Keutamaan Surat Al Kahfi Jika Dibaca Setiap Malam Jumat dan Hari Jumat

5 Keutamaan Surat Al Kahfi

Keutamaan Surat Al Kahfi | Surat al kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan sehingga kita sangat dianjurkan untuk membacanya terutama pada malam jumat. Sobat bisa download teks surat al kahfi lengkap dengan terjemahannya agar bisa membacanya sekaligus memahami maknanya.

Bagi sobat yang ingin mendapatkan teks surat al kahfi baik dalam bentuk teks lengkap dengan terjemahnya atau pun bacaan dalam bentuk audio silahkan download disini : Surat Al Kahfi

Berdasarkan beberapa sumber yang kami rangkum, setidaknya ada 5 keutamaan surat al kahfi yang perlu sobat ketahui agar kita semakin termotivasi untuk selalu membacanya. Berikut ini adalah rinciannya :

1. Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal

Dari hadist Ibnu Umar R.A, berkata:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Dajjal adalah fitnah yang akan datang pada akhir zaman, barang siapa yang selalu membaca surat al kahfi niscaya akan dilindungi dari fitnah tersebut.

2. Mendapatkan Ridho dari Allah SWT dan Diterangi Cahaya

Allah SWT sang pemilik alam semesta tentunya berkuasa atas semua makhluknya, jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan ketika hidup di dunia maupun sampai di akhirat maka sudah semestinya kita selalu mengharapkan ridho-Nya. Dengan sering membaca surat al kahfi baik di malam atau pun hari jumlah maka ridho Allah bisa kita dapatkan.

3. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Setiap manusia yang hidup di dunia pastinya punya dosa, tidak ada satupun manusia yang tidak berdosa. Banyak membaca surat al kahfi adalah salah satu cara terbaik agar kita mendapat ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah kita perbuat.

4. Dijaga dari gangguan setan

Manusia hidup di dunia pastinya tidak akan lepas dari yang namanya ujian, salah satu ujian tersebut adalah adanya gangguan dari syetan. Syetan akan senantiasa mengganggu manusia agar selalu menyimpang dari jalan petunjuk-Nya. Maka, perbanyaklah membaca surat al kahfi agar kita selalu mendapatkan perlindungan dari godaan syetan.

5. Disinari Cahaya Kebaikan

Tidak ada yang bisa melakukan kebaikan melaikan karena hidayah (petunjuk) dari Allah SWT. Cahaya kebaikan akan selalu terpancar pada orang yang senantiasa membiasakan diri untuk membaca surat al kahfi.

Dari urutan di atas sudah sangat jelas bagaimana keutamaan surat al kahfi jika kita membiasakan membacanya di malam dan hari jumat, bahkan pada hari-hari lainnya pun tentunya juga baik.

Semoga pemaparan di atas tentang 5 keutamaan surat al kahfi tersebut bisa membuat kita semakin termotivasi untuk selalu konsisten membaca surat al kahfi, pada hari apapun, terutama pada malam dan hari jumat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.