10 Adab Membaca Alquran dan Penjelasannya Yang Perlu Diperhatikan

10 Adab Membaca Alquran Yang Perlu Diperhatikan

Adab Membaca Alquran | Al-quran sebagai kitab suci bagi umat islam tentu memiliki kemuliaan dan derajat yang sangat tinggi, kita yang hendak membacanya pun sepatutnya untuk memperhatikan bagaimana adab-adab dalam membaca al-quran sehingga kita bisa mendapatkan keberkahan dari lantunan ayat-ayat quran yang dibaca.

Berikut ini adalah 10 adab membaca alquran dengan penjelasannya yang perlu kita perhatikan :

1. Suci

Al-quran adalah kitab suci yang sangat mulia, setiap kali kita membacanya hendaknya dalam keadaan suci dengan cara mengambul wudhu terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa suci adalah adab yang disunnahkan, namun apabila hendak menyentuhnya maka diharuskan dalam keadaan suci, sebagaimana sabda Rasulullah saw :

2. Membaca Ta’awudz

Kemudian bacalah ta’awudz terlebih dahulu sebelum membaca al-quran, sebagaimana firman Allah swt dalam surat An-Nahl ayat 98 :

3. Duduk Saat Membaca

Adab membaca alquran selanjutnya adalah hendaknya duduk saat membaca, baik dalam kondisi biasa atau pun dalam kondisi mengisi sebuah acara.

4. Bersiwak

Selain sebagai amalan yang sunnah dan dapat membersihkan mulut, bersiwak juga merupakan adab dalam membaca al-quran.

5. Tadabbur Bil Makna

Usahakan jangan membaca al-quran dalam keadaan pandangan yang kosong, hendaknya kita bisa tadabbur bil makna atau menghayati makna atau kandungan pada ayat yang sedang dibaca.

6. Mengharap Rahmat Allah

Selain tadabbur bil makna, hendaknya juga dibarengi dengan mengharap rahmat kepada Allah swt agar kehidupan kita diberkahi dan diberi kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

7. Tartil

Bacaan quran bukanlah bacaan biasa yang bisa kita baca seenaknya, hendaknya membaca al-quran dengan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

8. Jadi Contoh

Orang yang membaca al-quran dibarengi dengan penghayatan maknanya tentunya akan tahu dan bisa membedakan mana yang hak dan mana yang batil, hendaknya ia menjadi contoh atau suri tauladan bagi orang disekitarnya, jangan sampai sering membaca al-quran akan tetapi sikap dan prilaku bertolak belakang dengan al-quran.

9. Menghadap Kiblat

Menghadap kiblat adalah salah satu adab membaca alquran yang perlu sobat perhatikan, upayakan jangan menghadap selain kiblat.

10. Khusuk dan Tawadu

Terkhir adalah Khusuk dan Tawadu, merendahkan hati dan memperhatikan makna kandungan pada ayat tersebut.

Demikianlah 10 adab membaca alquran yang perlu kita ketahui setiap kali hendak membaca al-quran.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.