5 Adab Membayar Zakat Yang Harus Diperhatikan Agar Diterima Oleh Allah swt

Adab Membayar Zakat Agar Diterima Oleh Allah swt

Zakat adalah ibadah yang dilaksanakan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah swt. Oleh karenanya, hendaknya kita memperhatikan bagaimana adab membayar zakat baik zakat fitrah atau p un zakat mall agar ibadah yang kita laksanakan tersebut bisa berkenan di hadapan Allah swt. Zakat dilakukan tentunya bukan untuk ajang pamer, fahami 3 landasan filosofi zakat agar kita tahu kenapa zakat tersebut harus kita bayarkan.

Baca juga : Kumpulan Dasar Hukum Zakat Menurut Al-Quran Dan Hadits

Dari beberapa sumber yang diambil, berikut ini adalah 5 adab membayar zakat yang harus kita ketahui:

Meluruskan Niat

Yang dimaksud meluruskan niat disini ialah membayar zakar zakat semata-mata karena Allah swt, buakn karena ingin mendapatkan pujian dari orang lain.

Menyegerakan Zakat

Jika telah sampai waktu untuk berzakat maka segeralah untuk melaksanakannya, jangan sampai ditunda-tunda. Ini adalah salah satu adab membayar zakat yang harus diperhatikan.

Berikan Pada Yang berhak atau Amanah

Zakat tentunya harus diserahkan kepada mereka yang benar-benar berhak untuk mendapatkannya, jangan sampai diberikan pada salah orang, atau kepada lembaga yang amanah misalnya Zakat Dompet Dhuafa. Golongan fakir dan miskin yang paling utama untuk mendapatkan zakat ia mereka yang ada di lingkungan tempat tinggal kita atau lingkungan kerabat kita.

Jika tidak ada, maka kita bisa menyalurkannya kepada asnaf seperti yang tertera disini : 8 Golongan Penerima Zakat Menurut Al-Quran

Memahami Tujuan Zakat

Tidak semata-mata Allah swt mewajibkan zakat kepada kita kecuali ada hikmah dan tujuan yang terkandung di dalamnya. Adapun untuk tujuan zakat sendiri sebelumnya pernah dibahas, sobat bis amelihat penjelasannya disini : 7 Tujuan Utama Zakat Secara Umum

Hindari Sifat Tercela

Jangan sampai kita membayar zakat dengan tujuan Riya, sum’ah atau sifat-sifat penyakit hati lainnya karena hal tersebut akan merusak amalan zakat yang sudah kita keluarkan dan tidak sesuai dengan adab membayar zakat yang dianjurkan. Adapaun zakat yang dibayarkan tersebut hendaknya hanya niat karena Allah swt.

Adab dalam membayar zakat tentunya tidak hanya terpaku pada apa yang telah dijelaskan di atas karena itu hanya sebagiannya saja, pada intinya adab membayar zakat adalah harus sesuai dengan tuntunan ajaran agama dengan baik. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.