Al Baqarah 164 Latin Dan Arab Serta Terjemah Dan Asbanun Nuzulnya

Al Baqarah 164 Latin Dan Arab Serta Terjemah Dan Asbanun Nuzulnya

Al Baqarah 164 | Artikel kali ini akan mengupas surat al-Baqarah ayat 164 berikut dengan asbabun nuzul serta isi kandungan secara garis besar yang mengemukakan bukti kekuasaan allah pada ayat tersebut, juga dilengkapi dengan artinya perkata dalam bahasa Indonesia sehingga akan memudahkan sobat yang ingin mengetahui arti mufrodat dari setiap lafad-lafadnya. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai surat al Baqarah ayat 222 latin dan arab berikut penjelasan lengkapnya.

Jangan lupa pelajari juga : Ayat Al-Quran Tentang Perintah Menghadap Ka’bah Ketika Shalat Surat Al-Baqarah

Berikut ini adalah pembahasan mengenai surat al baqarah 164 yang disajikan dalam teks arab dan latin serta terjemahannya perkata, diikiuti dengan isi kandungan serta asbabun nuzulnya :

Teks Surat al-Baqarah Arab

إِنَّ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱخۡتِلَٰفِ ٱلَّيۡلِ وَٱلنَّهَارِ وَٱلۡفُلۡكِ ٱلَّتِي تَجۡرِي فِي ٱلۡبَحۡرِ بِمَا يَنفَعُ ٱلنَّاسَ وَمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مِن مَّآءٖ فَأَحۡيَا بِهِ ٱلۡأَرۡضَ بَعۡدَ مَوۡتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَآبَّةٖ وَتَصۡرِيفِ ٱلرِّيَٰحِ وَٱلسَّحَابِ ٱلۡمُسَخَّرِ بَيۡنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلۡأَرۡضِ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَعۡقِلُونَ

Teks Surat al-Baqarah Latin

Inna Fī Khalqis-Samāwāti Wal-Arḍi Wakhtilāfil-Laili Wan-Nahāri Wal-Fulkillatī Tajrī Fil-Baḥri Bimā Yanfa’un-Nāsa Wa Mā Anzalallāhu Minas-Samā`I Mim Mā`In Fa Aḥyā Bihil-Arḍa Ba’da Mautihā Wa Baṡṡa Fīhā Ming Kulli Dābbatiw Wa Taṣrīfir-Riyāḥi Was-Saḥābil-Musakhkhari Bainas-Samā`I Wal-Arḍi La`Āyātil Liqaumiy Ya’qilụn

Al Baqarah 164 Arti Perkata

خَلۡقِ

فِي

إِنَّ

kejadian /penciptaan

dalam /pada

sesungguhnya

وَٱخۡتِلَٰفِ

وَٱلۡأَرۡضِ

ٱلسَّمَٰوَٰتِ

dan pergantian

dan bumi

langit(jamak)

وَٱلۡفُلۡكِ

وَٱلنَّهَارِ

ٱلَّيۡلِ

dan bahtera

dan siang

malam

فِي

تَجۡرِي

ٱلَّتِي

di

berlayar

yang

يَنفَعُ

بِمَا

ٱلۡبَحۡرِ

memberi manfaat

dengan apa

laut

أَنزَلَ

وَمَآ

ٱلنَّاسَ

menurunkan

dan apa

manusia

ٱلسَّمَآءِ

مِنَ

ٱللَّهُ

langit

dari

Allah

فَأَحۡيَا

مَّآءٖ

مِن

maka /lalu Dia menghidupkan

air

dari

بَعۡدَ

ٱلۡأَرۡضَ

بِهِ

sesudah

bumi

dengannya

فِيهَا

وَبَثَّ

مَوۡتِهَا

di dalamnya

dan Dia sebarkan

matinya

دَآبَّةٖ

كُلِّ

مِن

hewan

segala

dari

وَٱلسَّحَابِ

ٱلرِّيَٰحِ

وَتَصۡرِيفِ

dan awan

angin

dan pergerakan

ٱلسَّمَآءِ

بَيۡنَ

ٱلۡمُسَخَّرِ

langit

antara

dikendalikan

لِّقَوۡمٖ

لَأٓيَٰتٖ

وَٱلۡأَرۡضِ

bagi kaum

sungguh tanda-tanda

dan bumi

يَعۡقِلُونَ

mereka berakal (memikirkan)

Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 164

Menurut keterangan dalam tafsir Ibnu Katsir, surat al Baqarah 164 ini turun disebabkan adanya permintaan dari kaum kafir Quraisy yang meminta kepada Nabi Muhammad saw untuk berdoa kepada Allah swt agar menjadikan bukit sofa menjadi bukit emas, jika terbukti maka mereka mau beriman.

Kemudian Nabi berdoa kepada Allah swt sebagaimana permintaan mereka, namun kemudian datang malaikat jibril dan memberi kabar bahwa mudah saja bagi Allah untuk menjadikan sukit sofa menjadi emas hanya saja jika mereka ternyata tidak beriman maka Allah akan menurunkan adzab yang belum pernah diberikan kepada umat siapapun sebelum mereka.

Atas jawaban dari malaikat jibril itulah kemudian Nabi membatalkan permohonannya dan Nabi bertekad untuk mendakwahinya saja karena dikhawatirkan kaum kafir quraisy tersebut mengingkari janjinya, maka turunlah ayat ini sebagai jawaban atas kejadian tersebut.

Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 164

Secara garis besar, melalaui ayat ini, Allah menjadikan penciptaan langit dan bumi dan seluruh kejadian yang terjadi di alam semesta ini sebagai bukti atau tanda kekuasaannya, hanya saja hal itu akan menjadi petunjuk bagi mereka yang mau menggunakan akalnya untuk berfikir.

Demikian ulasan mengenai surat al Baqarah 164 teks arab dan latin serta terjemahannya perkata berikut dengan asbabun nuzulnya berdasarkan tafsir Ibu katsir. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.