Ini Alasannya Mengapa Shalat Dan Zakat Selalu Berdampingan Dalam Ayat Al-Quran

Ini Alasannya Mengapa Shalat Dan Zakat Selalu Berdampingan

Ada hal yang menarik ketika kita menemukan ayat yang mengandung perintah untuk mendirikan shalat, yakni ia selalu diikuti dengan perintah mengeluarkan zakat. Lalu, mengapa shalat dan zakat selalu berdampingan dalam ayat al-Quran? Pada tulisan kali ini kita akan membahas alasan di balik hal tersebut. Adapun mengenai pengertian dan hukum zakat sendiri beserta dalil-dalilnya sudah dibahas pada tulisan sebelumnya, sobat bisa mempelajarinya pada postingan terdahulu.

Baca juga : Macam-macam Benda Yang Wajib Dizakati

Adanya fakta perintah zakat selalu berdampingan tentunya bukanlah hal yang kebetulan, ada makna yang terkandung di dalamnya mengapa shalat dan zakat selalu berdampingan dan bagaimana implikasinya bagi kita dalam menjalankan syari’at agama tersebut.

Jika kita perhatikan, shalat dan zakat merupakan dua simbol ibadah yang mewakili terhadap seluruh ajaran dalam syari’at islam. Shalat merupakan ibadah individual yang kaitannya langsung dengan Allah swt (habluminallah) sedangkan zakat merupakan ibadah sosial yang kaitannya dengan manusia (habluminannas).

Seorang mukmin yang baik pastinya akan menjalankan syari’at ibadah secara seimbang antara habluminallah dan habluminannas, hal tersebut senada dengan firman Allah swt dalam surat ali Imran ayat 112 dimana ayat tersebut menegaskan bahwa kehinaan akan menimpa bagi siapa saja kecuali dia bisa menjalankan dua ikatan yang seimbang yakni hubungan dengan Allah secara vertikal dan dan hubungan dengan manusia.

Inilah alasanya mengapa shalat dan zakat selalu berdampingan dalam banyak ayat dalam al-Quran.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa shalat dan zakat merupakan dua pokok ibadah yang sangat erat hubungannya. Saking pentingnya dua ibadah tersebut, Tidak kurang dari 32 kali Allah swt mendampingkan shalat dan zakat dalam al-Quran.

Baca juga : Ini Dia Delapan Golongan Penerima Zakat

Demikianlah penjelasan singkat mengenai alasan mengapa shalat dan zakat selalu berdampingan dalam al-Quran. Dengan memahami penjelasan singkat di atas semoga dapat meningkatkan kesadaran kita akan dua ibadah pokok yang tidak bisa kita laksanakan hanya salah satunya saja. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.