Alif Lam Syamsiah Dan Contohnya Dalam Al-Quran Beserta Surat Dan Ayatnya

Alif Lam Syamsiah Dan Contohnya Dalam Al-Quran Beserta Surat Dan Ayatnya

Alif Lam Syamsiah | Kita sudah membahas bagaimana pengertian alif lam Qomariah lengkap dengan contohnya beserta surat dan ayatnya yang bisa sobat pelajari pada tulisan sebelumnya, kali ini kita akan memhabas bagian kedua dari hukum bacaan alif lam tersebut yakni syamsiah. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa hukum bacaan alif lam dalam ilmu tajwid itu ada 2 yaitu qomariah dan syamsiah.

Pelajari juga hukum bacaan tajwid lainnya : Hukum Bacaan Mim Sukun Saat Bertemu Huruf Hijaiyah

Baiklah, mari kita mulai membahas hukum bacaan alif lam yang kedua yaitu syamsiah berikut ini :

Pengertian

Adapun pengertian dari alif lam syamsiah adalah hukum bacaan dalam ilmu tajwid dimana apabila ada alif lam yang bertemu dengan huruf-huruf qomariah yang berjumlah 14, dalam ayat al-quran setiap hukum bacaan syamsiah pastinya akan bertasydid maka cara mudah untuk menentukan apakah alif lam syamsiah atau bukan adalah huruf setelah alf lamnya bertasydid.

Membaca alif lam qomariah ini adalah dibaca idgham, jadi cara membaca alif lamnya ialah ditarik ke huruf setelahnya seperti halnya membaca idgham bilaghunnah dalam hukum nun mati dan tanwin.

Sebagaimana disinggung di atas bahwa huruf-huruf syamsiah ada 14, berikut ini adalah rincian hurufnya beserta contoh alif lam syamsiah dalam al-Quran beserta surat dan ayatnya :

No

Huruf

Contoh

Surat dan Ayat

1

ط

الطُّورَ

Al Baqarah : 63

2

ث

الثَّمَرَاتِ

Al Baqarah : 22

3

ص

الصِّرَاطَ

Al Fatihah : 6

4

ر

الرَّحْمَٰنِ

Al Fatihah : 1

5

ت

التَّوَّابُ

Al Baqarah : 37

6

ض

الضَّلَالَةَ

Al Baqarah : 16

7

ذ

الذِّلَّةُ

Al Baqarah : 61

8

ن

النَّاسِ

Al Baqarah : 8

9

د

الدِّمَاءَ

Al Baqarah : 30

10

س

السُّفَهَاءُ

Al Baqarah : 13

11

ظ

الظَّالِمِينَ

Al Baqarah : 35

12

ز

الزَّكَاةَ

Al Baqarah : 43

13

ش

الشَّجَرَةَ

Al Baqarah : 35

14

ل

اللَّاعِنُونَ

Al Baqarah : 159

Dari pengertian beserta contoh dari huruf-hurufnya di atas kiranya sobat sudah bisa memahami bagaimana hukum bacaannya dan bagaimana cara membacanya yang benar menurut tinjauan ilmu tajwid.

Demikianlah pembahasan secara mendetail tentang pengertian alif lam syamsiah dalam ilmu tajwid berikut uraian huruf-hurufnya yang berjumlah 14 juga dilengkapi dengan contohnya dalam al-Quran beserta surat dan ayatnya lengkap. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.