Apa Itu Facebook, Sejarah Singkat dan Fungsinya

Apa Itu Facebook ?

Apa Itu Facebook ? Mungkin ini adalah pertanyaan yang cukup menggelikan, pasalnya di era Internet saat ini hampir semua orang di dunia memiliki akunnya, bahkan bayi yang baru lahir sekalipun terkadang langsung dibuatkan akun facebook oleh orang tuanya. Kali ini kita akan membahas facebook meliputi pengertian, sejarah dan fungsinya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Facebook, Inc. sendiri merupakan sebuah layanan jejaring sosial atau sosial media (sosmed) yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Ia pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 2004. Berdasarkan catatan, Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, dimana lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam atau smartphone.

Apakah anda sudah mempunyai akun facebook ?

Sejarah Singkat

Siapa sangka situs jejaring sisial ini dulunya mulai didirikan dari sebuah asrama mahasiswa oleh seorang mahasiswa bersama dengan teman sekamarnya, dia adalah Mark Zuckerberg. Sebelum menjadi facebook seperti sekarang ini, ia menciptakan Facemash dan TheFacebook.com yang mana keduanya merupakan cikal bakal berdirinya Facebook.com.

Mark tidak sendirian dalam mendirikan facebook, ia ditemani oleh beberapa koleganya yakni Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Mark Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini.

Pada awalnya, Mark Zuckerberg mendirikan facebook untuk kalangan sendiri yakni mahasiswa Harvard Collage saja, seiring berjalannya waktu ia mulai membuka untuk berbagai kampus lainnya di Amerika Serikat seperti ke Stanford, Columbia, dan Yale, Situs ini juga kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Fungsi dan Manfaat

Sebagaimana visi & misinya, bringing the world closer together, jelas fungsi facebook sendiri ingin membuat setiap individulu terkoneksi satu sama lain, dalam artian lain “Silaturahmi Online”. Banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan dengan facebook, salah satu yang paling mendasar ialah kita bisa bertemu kembali dengan teman-teman lama yang mungkin sudah berpisah beberapa tahun yang lalu seperti teman sekolah, teman kuliah, teman kerja dan lain-lain.

Selain itu, manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah ia bisa menjadi media promosi yang ampuh bagi para pelaku bisnis online dengan fasilitas Facebook Ads-nya dan ini terbukti menjadi salah satu teknik penjualan yang sangat ampuh di era modern seperti saat ini.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai apa itu facebook dan bagaimana sejarah singkat serta fungsi dan manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.