Arti Surat Al Hujurat Ayat 12 Bahasa Indonesia Tulisan Arab Dan Latin Serta Kandungannya

Arti Surat Al Hujurat Ayat 12 Bahasa Indonesia

Artikel kali ini memuat Arti Surat Al Hujurat Ayat 12 dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, dimana ia ditulis dalam bentuk Tulisan Arab Dan Lati. Selain itu juga memuat sekilas mengenai isi kandungan pada ayat tersebut, sekaligus dengan arti perkata supaya sobat bisa mengetahui terjemahannya secara mendetail. Adapun penggalan suratnya secara lengkap sobat bisa download surat al hujurat lengkap beserta artinya dalam bentuk file pdf, ms word dan Mp3 pada postingan sebelumnya.

Surat Al Hujurat Ayat 12 Tulisan Arab

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱجۡتَنِبُواْ كَثِيرٗا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعۡضَ ٱلظَّنِّ إِثۡمٞۖ وَ لَا تَجَسَّسُواْ وَلَا يَغۡتَب بَّعۡضُكُم بَعۡضًاۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمۡ أَن يَأۡكُلَ يَأۡكُلَ لَحۡمَ أَخِيهِ مَيۡتٗا فَكَرِهۡتُمُوهُۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٞ رَّحِيمٞ ١٢

Surat Al Hujurat Ayat 12 Tulisan Latin

yā ayyuhallażīna āmanujtanibụ kaṡīram minaẓ-ẓanni inna ba’ḍaẓ-ẓanni iṡmuw wa lā tajassasụ wa lā yagtab ba’ḍukum ba’ḍā, a yuḥibbu aḥadukum ay ya`kula laḥma akhīhi maitan fa karihtumụh, wattaqullāh, innallāha tawwābur raḥīm

Arti Surat Al Hujurat Ayat 12 Bahasa Indonesia

12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Arti Surat Al Hujurat Ayat 12 Bahasa Inggris

O you who have believed, avoid much [negative] assumption. Indeed, some assumption is sin. And do not spy or backbite each other. Would one of you like to eat the flesh of his brother when dead? You would detest it. And fear Allah ; indeed, Allah is Accepting of repentance and Merciful.

Arti Perkata Surat Al Hujurat Ayat 12

ءَامَنُواْ

ٱلَّذِينَ

يَٰٓأَيُّهَا

beriman

orang-orang
yang

wahai

مِّنَ

كَثِيرٗا

ٱجۡتَنِبُواْ

dari

banyak

jauhilah

بَعۡضَ

إِنَّ

ٱلظَّنِّ

sebagian

sesungguhnya

berprasangka

وَ
لَا

إِثۡمٞۖ

ٱلظَّنِّ

dan
jangan

dosa

berprasangka

يَغۡتَب

وَلَا

تَجَسَّسُواْ

kamu
mengumpat

dan
jangan

kamu
mencari kesalahan

أَيُحِبُّ

بَعۡضًاۚ

بَّعۡضُكُم

apakah
kamu menyukai

sebagian

sebagian
kamu

يَأۡكُلَ

أَن

أَحَدُكُمۡ

memakan

bahwa

salah
seorang diantara kamu

مَيۡتٗا

أَخِيهِ

لَحۡمَ

yang
mati

saudaranya

daging

ٱللَّهَۚ

وَٱتَّقُواْ

فَكَرِهۡتُمُوهُۚ

Allah

dan
bertakwalah

maka kamu
jijik padanya

تَوَّابٞ

ٱللَّهَ

إِنَّ

Maha
Penerima Taubat

Allah

sesungguhnya

 

 

رَّحِيمٞ

 

 

Maha
Penyayang

Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 12 

Melalui ayat ini Allah swt mengingatkan kita agar tidak berprasangka buruk terhadap orang-orang berbuat baik, karena prasangka buruk itu adalah dosa. Kemudian kita dilarang untuk Tajassus yakni mencari aib atau kesalahan orang lain. Kemudian kita juga dilarang untuk saling menggunjing satu sama lain karena hal itu sama dengan memakan bangkai saudaranya yang telah mati, dimana ini tentunya sangat jijik sekali.

Kandungan pada surat al Hujurat ayat 12 ini sangat relevan jika kita melihat situasi negara kita Indonesia saat menjelang pilkada atau pilpres. Banyak sekali berita-berita hoax yang menceritakan aib dan kekurangan orang lain, padahal itu belum tentu kebenarannya. Semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat tersebut.

Demikian sekilas mengenai Arti Surat Al Hujurat Ayat 12 dalam Bahasa Indonesia dan inggris yang dimuat dalam Tulisan Arab Dan Latin dilengkapi dengan isi Kandungannya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.