Ayat Alquran Tentang Menahan Amarah Beserta Terjemahannya

Ayat Alquran Tentang Menahan Amarah Beserta Terjemahannya

Ayat Alquran Tentang Menahan Amarah | Marah adalah sifat buruk yang ada dalam diri manusia, ia sengaja diciptakan sebagai ujian bagi kesabaran umat manusia, dengan menahan amarah tentunya kita akan mendapatkan pahala dari Allah swt. Artikel kali ini akan mengutip ayat dalam al-quran yang berkaitan dengan menahan amarah dan keutamaannya bagi orang yang beriman.

Ketahui juga bagaimana : Ayat Tentang Tanda Sujud Dalam Al Quran

Ayat Alquran Tentang Menahan Amarah Beserta Terjemahannya

Ayat Alquran Tentang Menahan Amarah

Berikut ini adalah kutipan teks ayat alquran tentang menahan amarah lengkap dengan artinya perkata dalam bahasa indonesia :

Keutamaan Menahan Marah

Marah hanya akan membuat pelakunya menjadi semakin terpuruk, bukannya menyelesaikannya akan tetapi memunculkan masalah baru. Setiap kali seseorang marah maka fikirannya tertutup sehingga ia tidak bisa berfikir dengan jernih, tidak akan bisa memutuskan sesuatu dengan bijak. Orang yang bisa menahan amarah tentunya akan membuat hidupnya semakin terkontrol.

Orang bisa mengendalikan hawa nafsu tentunya akan taat kepada Allah swt, bisa melaksanakan setiap perintah-perintahnya dan menjauhi laranganya. Hal tersebut senada dengan isi kandungan pada surat an-Nazi’at ayat ke 41 yakni balasan bagi orang yang bisa menahan amarah adalah surga.

Teks Arab Ayat Alquran Tentang Menahan Amarah

وَأَمَّا مَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ وَنَهَى ٱلنَّفۡسَ عَنِ ٱلۡهَوَىٰ ٤٠ 

wa ammā man khāfa maqāma rabbihī wa nahan-nafsa ‘anil-hawā

خَافَ

مَنۡ

وَأَمَّا

ia takut

siapa

dan adapun

وَنَهَى

رَبِّهِۦ

مَقَامَ

dan ia menahan

Tuhannya

Kedudukan /kebesaran

ٱلۡهَوَىٰ

عَنِ

ٱلنَّفۡسَ

Keinginan /hawa nafsu

dari

Jiwa /diri

 

فَإِنَّ ٱلۡجَنَّةَ هِيَ ٱلۡمَأۡوَىٰ ٤١

fa innal-jannata hiyal-ma`wā

هِيَ

ٱلۡجَنَّةَ

فَإِنَّ

ia

sorga

maka sesungguhnya

ٱلۡمَأۡوَىٰ

tempat tinggal

Hadis Tentang Menahan Amarah

Adapun hadis yang berkaitan dengan menahan amarah ini yaitu :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri].

Demikianlah teks ayat alquran tentang menahan amarah dan artinya perkata, dilengkapi dengan keutamaannya serta hadis yang berkaitan dengannya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.