Bacaan Basmalah Dan Hukumnya Serta Cara Membacanya

Bacaan Basmalah, Hukum dan Cara Membacanya

Bacaan basmalah merupakan bacaan yang memiliki peranan penting bagi umat islam, ia tidak hanya sebatas bacaan akan tetapi juga memiliki khasiat dan sebagai penentu apakah amalan kita itu berkah atau tidak. Bacaan bismillahirrahmanirrahim ini banyak dipakai sebagai kaligrafi yang akan menghiasi ruangan rumah.Setiap kali kita membaca ayat suci al-quran tentunya akan dimulai dengan lafadz basmalah terlebih dahulu.

Hukum Memabaca Bismillah

Pada dasarnya, hukum pembacaan bacaan basmalah adalah sunnah, setiap kali kita akan melakukan sesuatu yang baik maka disunnahkan untuk membaca basmallah terlebih dahulu, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad saw :

Keutamaan Bacaan Basmallah

Untuk sobat yang ingin mendapat teks bacaan bismillahirrahmanirrahim dan hadits di atas silahkan download disini : Downlaod Bacaan Hadits Basmalah

Ada perbedaan pendapat apakah bacaan basmalah tersebut termasuk salah satu ayat pada setiap surah dalam al-quran atau hanya pada surah al-fatihah saja.

Adapun yang berpendapat bahwa basmallah termasuk ayat pada surat al-fatihah dan salah satu ayat dari setiap surat dalam al-quran kecuali surat at-taubah ialah madzhab Hafs dari ‘Ashim. Maka, menurut pendapat tersebut, basmallah wajib dibaca pada setiap shalat.

Cara Pembacaan Basmalah

Yang dimaksud dengan cara membaca bacaan basmalah disini adalah cara membacanya ketika menyambung di antara 2 surah. Jika kita membaca 2 surah al-quran dan di tengahnya terselip bacaan basmallah maka akan terjadi 4 kondisi, dimana 3 kondisi diperbolehkan untuk dibaca sedangkan 1 diantaranya tidak diperboleh atau dilarang.

Adapun 4 kondisi tersebut ialah sebagai berikut :

Pertama, Membaca basmalllah secara terpisah dari akhir surah yang pertama, dan membaca basmallah secara terpisah dari awal surah kedua.

Kedua, Membaca basmallah secara terpisah dari akhir surah yang pertama, dan membaca basmallah secara tersambung dengan awal surah yang kedua.

Ketiga, Membaca basmallah secara tersambung dengan akhir surah yang pertama dan awal surah yang kedua.

Keempat, Membaca basmallah secara tersambung dengan akhir surah yang pertama lalu berhenti, kemudian membawa awal surah yang kedua tanpa dimulai dengan basmallah.

Dari 4 kondisi pembacaan basmallah di atas, yang diperbolehkan adalah pada kondisi 1,2 dan 3, sedangkan kondisi yang ke 4 dilarang.

Dari pemaparan di atas kiranya sudah sangat jelas bagaimana hukum pembacaan bacaan basmalah baik untuk memulai suatu pekerjaan atau pun dalam membaca surah al-quran. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.