Bacaan Duduk Di antara Dua Sujud Singkat dan Makna Yang Terkandung Di dalamnya

Bacaan Duduk Di antara Dua Sujud Arab Latin dan Terjemahannya

Bagaimana bacaan duduk di antara dua sujud dalam shalat? Pada tulisan kali ini kita akan mencoba menghafal bagaiman bacaan yang harus kita baca manakala kita sedang melakukan salah satu rukun shalat yang berjumlah 18 yaitu duduk diantara dua sujud. Perlu kita ketahui bahwa yang menjadi rukun shalatnya itu adalah duduk antara dua sujud, bukanlah bacaannya sehingga jika sobat lupa membaca bacaan ini maka ia tidak akan membatalkan shalat.

Berikut ini adalah bacaan duduk di antara dua sujud lengkap yang ditulis dalam bahasa arab dan latin, serta dilengkapi dengan terjemahannya dalam bahasa indonesia:

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Robbighfirlii Warhamnii Wajburnii Warfa’nii Warzuqnii Wahgdinii Wa’aafinii Wa’fu ‘Annii

Artinya :
Ya Allah,ampunilah dosaku,belas kasihinilah aku dan cukuplah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku,dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku.

Makna Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud

Meskipun bacaan ini bukanlah salah satu rukun dalam shalat akan tetapi hendaknya kita jangan sampai meninggalkannya karena makna yang terkandung dalam bacaan ini sungguh luar biasa. Jika dilihat dari maknanya, setidaknya ada 8 permohonan kita kepada ALllah swt dalam bacaan tersebut, yaitu :

1. Rabbighfirli (Tuhanku, ampunilah aku)
2. Warhammi (Kasihinilah aku)
3. Wajburni (Cukupkanlah segala kekuranganku)
4. Warfa’ni (Angkatlah derajatku)
5. Warzuqni (Berikan rezeki kepadaku)
6. Wahdini (Berilah aku petunjuk)
7. Wa’afini (Berikan kesehatan kepadaku)
8. Wa’fu’anni (Berikan ampunan kepadaku)

Perlu diketahui bahwa bacaan duduk di antara dua sujud merupakan doa yang kita panjatkan agar kita diampuni segala dosa-dosanya, dicukupi segala kekurangannya, diberi rizki, diberi petunjuk dan diberikan ampunan.  Maka, Semua makna yang delapan tersebut merupakan unsur-unsur kebahagiaan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Demikian pembahasa mengenai Bacaan Duduk Di antara Dua Sujud Singkat yang dibaca manakala kita sedang duduk di antara dua sujud yang ditulis dalam tulisan Arab dan Altin serta dilengkapi Terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.