Hadits Tentang Pentingnya Silaturahmi Disertai Dengan Terjemahannya

Hadits Tentang Pentingnya Silaturahmi Dan Artinya

Menyambung hubungan persaudaraan atau silaturahmi adalah salah satu hal yang mesti kita jaga dan rawat, jangan sampai putus sampai akhir hayat karena agama sendiri sangat mewaspadai akan hal itu. Berkaitan dengan hal itu, disini dikutip salah satu hadits tentang pentingnya silaturahmi bagi kita sebagai muslim.

Tidak hanya hadits, ada juga beberapa ayat tentang silaturahmi dimana dalam ayat tersebut lebih menitik beratkan akan bahaya memutuskan silaturahmi. Oleh karenanya, sebagai seorang muslim, hendaknya kita bisa terus menjaga tali silaturahmi baik itu dengan saudara kandung, tetangga, teman dan umat muslim secara keseluruhan.

Hadits Tentang Pentingnya Silaturahmi Disertai Dengan Terjemahannya

Hadits Pentingnya Silaturahmi

Adapun kutipan hadits tentang pentingnya silaturahmi tersebut adalah sebagai berikut :

Dari Abu Ayyub, katanya: Seorang dusun menghentikan perjalanan Nabi SAW katanya: Ya Rasulullah, terangkanlah pekerjaan yang dapat mengantarkan aku ke surga dan yang menyelamatkan aku dari siksa neraka, Beliau menjawab :

Baca Juga :   Hadits Tentang Ibu - Menghormati Dan Memuliakannya

اَنْ تَعبُدَ اللهَ لا تُشْرِكُ بهِ شيئًا وتُقيمَ الصَّلاةَ وَتُؤْتِي الزكاةَ وَتَصِلَ الرَّحِمَ

Artinya : Ada 4 perkara, yaitu : 1. kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya 2. Melakukan sholat 3. mengeluarkan zakat 4. Silaturahmi.

Melakukan tiga hal sebelumnya (menghindari syirik, solat dan zakat) pastinya sudah biasa kita lakukan karena itu adalah suatu kewajiban namun menjaga tali silaturahmi terkadang masih banyak yang mengabaikannya sampai-sampai adalah istilah dalam bahasa sunda “Dulur jadi batur, batur jadi dulur” yang artinya “saudara jadi orang lain sedangkan orang lain jadi saudara”.

Demikian sepenggal kutipan hadits tentang pentingnya silaturahmi sebagai pengingat bagi kita akan kita selalu menjaga tali persaudaraan sampai kapanpun.


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.