Bacaan Niat Shalat Tahiyatul Masjid Dan Pengertian Serta Keutamaannya

Bacaan Niat Shalat Tahiyatul Masjid Serta Keutamaannya

Salah satu diantara beberapa macam-macam shalat sunnah adalah shalat tahiyatul masjid. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana bacaan niat shalat tahiyatul masjid berikut pengertian serta keutamaan bagi yang melaksanakannya. Shalat ini dilakukan karena adanya sebab, yaitu memasuki ruangan masjid, maka ia tidak ada kaitannya dengan waktu shalat fardu, setiap kali kita memasuki ruangan masjid baik untuk melaksanakan shalat fardu atau bukan maka disunnahkan melaksanakan shalat tahiyatul masjid.

Lalu, bagaimana jika masuk ke masjid hendak melasanakan shalat fardu sedangkan kita disunnahkan juga untuk melaksanakan shalat sunnah rawatib atau shalat qobliyah dan ba’diyah, mana yang harus didahulukan?

Bacaan Niat Shalat Tahiyatul Masjid Dan Pengertian Serta Keutamaannya

Teks Bacaan Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Pengertian Shalat Tahiyatul Masjid

Secara bahasa, yang dinamakan tahiyatul masjid ialah menghormati masjid, maka yang dimaksud dengan shalat tahiyatul masjid ini ialah shalat yang dilaksanakan untuk menghormati masjid. Sebagaimana kita ketahui bahwa masjid adalah tempat yang mulia maka untuk menghormatinya kita disunnahkan untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid setiap kali kita masuk masjid. Adapun jumlah rakaat pada shalat tahiyatul masjid ialah dua rakaat.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الَمسْجِدَ فَلَا يَجْلِسُ حَتَّى يَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ

“Jika seseorang di antara kalian masuk masjid maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan shalat dua rakaat.” (HR. Muslim)

Shalat tahiyatul masjid adalah jennis shalat mutlak, maka ia tidak disyaratkan untuk berniat melakukannya sehingga ketika shalat rawatib pun tanpa ada niat tahiyatul masjid maka ia sudah melaksanakan keduanya, yaitu shalat rawatib dan tahiyatul masjid. Adapun yang menjadi poin penting atau intinya pada hadits di atas adalah adanya shalat ketika masuk masjid sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pembahasan antara shalat tahiyaul masjid dan shalat qobliyah silahkan baca disini : Shalat Tahiyatul Masjid atau Qobliyah

Bacaan Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Setiap melakukan shalat tentunya harus dimulai dengan niat terlebih dahulu, adapun bacaan niat shalat tahiyatul masjid adalah sebagai berikut :

اُصَلِّى سُنَّةَ تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى اَللهُ اَكْبَرْ

Usholli Sunnatan Tahiyyatul Masjidi Rok’ataini Lillaahi Ta’aalaa

Artinya :
Saya niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena allah ta’ala.

Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid

Setiap kita memasuki masjid maka hendaknya melakukan shalat sunnah terlebih dahulu, dimana shalat sunnah ini bertujuan untuk menghormati masjid. Ibnu Hibban dalam Shahihnya, dari hadits Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia pernah masuk masjid, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya padanya, “Apakah kamu sudah shalat dua rakaat?” Dia menjawab, “Belum.” Beliau bersabda, “Bangunlah, laksanakan dua rakaat” Demikian Rasulullah memberi perhatian terhadap shalat tahiyatul masjid.

Sebagaimana telah disinggung di atas bahwa melaksanakan shalat tahiyatul masjid merupakan sunnah rasul, maka barang siapa melakukannya tentu akan mendapatkan pahala. Masjid adalah rumah Allah, ketika kita memuliakannya otomatis kita pun akan dimuliakan.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku Mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya di antara tanda-tanda dekatnya kiamat adalah seseorang melalui (masuk) masjid, namun tidak melakukan shalat dua rakaat di dalamnya.” (H.R. Ibnu Khuzaimah)

Sampai disini tulisan mengenai Bacaan Niat Shalat Tahiyatul Masjid berikut dengan Pengertian Serta Keutamaan dalam melaksanakannya, kiranya bisa memberikan penjelasan dan dapat difahami dengan mudah. Wallahu a’lam bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.