Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam Dengan Huruf Latin Dan Terjemahannya

Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam

Bagaimana bacaan tahiyat akhir dalam shalat? Tulisan ini akan membahas bagaimana bacaan tahiyat yang kedua dalam shalat, adapun untuk teks bacaan tahiyat awal telah kita bahas pada postingan sebelumnya. Pada dasarnya, bacaan pada tahiyat akhir hanyalah meneruskan dari tahiyat awal. Yang membedakan antara bacaan tahiyat awal dan akhir hanyalah bacaan sholawatnya, jika tahiyat awal dibaca sampai Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin maka tahiyat akhir hanya menambahkan sholat kepada keluarga nabi yaitu dengan membaca wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin, dan yang menjadi rukun shalat hanyalah sampai membaca sholawat pada keluarga nabi tersebut, adapun selebihnya itu hanyalah disunahkan saja.

Teks Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatut toyyibaatulillaah assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warohmatulloohi wabarokaatuhu assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadil-laahish-shoolihiina. Asyhadu anlaa ilaaha il-lallooh wa asyhadu anna muhammadar rosuulullaah. Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Kamaa shol-laita ‘alaa sayyidinaa ibroohiima wa ‘alaa aali sayyidinaa ibroohiima wabaarik ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarokta ‘alaa sayyidinaa ibroohiima wa ‘alaa aali sayyidinaa ibroohiima fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun

Artinya :
“Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung”.

Doa Setelah Membaca Tahiyat Akhir

Setelah kiat selesai membaca bacaan tahiyat akhir sampai dengan sholawat kepa Nabi, maka hendaknya membaca doa ini :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya :
“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal”.

Selanjutnya, disarankan juga membaca do’a agar kita tetap istiqomah dalam memegang teguh agama islam sampai akhir hayat, yaitu :

يَامُقَلِّبَ القُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِيْنِكَ

‘Yaa Muqallibal Quluubi Tsabbit Qalbi ‘Ala Diinik’

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.”

Bacaan Salam Pada Tahiyat Akhir

Setelah membaca bacaan tahiyat akhir maka selanjutnya tinggal membaca salam. Perlu diketahui bahwa yang menjadi rukun dalam salam adalah salam yang pertama yaitu ketika salam dengan menghadap ke arah kanan, adapun salam yang ke arah kiri itu hukumnya sunah.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalaamu ‘Alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuhu

Artinya : Semoga keselamatan, rohmat dan berkah ALLAH selalu tercurah untuk kamu sekalian.

Kemudian, disunahkan juga untuk membaca doa dalam hati ketika selesai membaca salam. Ingat, membaca doanya hanya dalam hati saja, tidak perlu diucapkan.

Adapun doa setelah membaca salam yang pertama adalah membaca :

أَسْأَلُكَ الجَنَّهَ

Asalukal jannah

Artinya : Aku memohon surga kepadamu

Kemudian doa setelah membaca salam yang kedua adalah :

وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ النَّارِ

Wa au’dzubika minannar

Artinya : Aku berlindung kepadamu dari siksa api neraka

Itulah Bacaan Tahiyat Akhir Sampai Salam lengkap dengan doa-doanya yang dimuat Dengan tulisan arab dan Latin serta Terjemahannya dalam bahasa indonesia. Walahu A’lam Bishawaab

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.