Begini Cara Cek Performa PC Windows 10

Cara Cek Performa PC Windows 10

Sebagai pengguna komputer atau PC (Personal Computer) sobat pastinya harus mengetahui bagaimana kondisi atau performa komputer yang sedang digunakan, jangan sampai ada masalah tapi tidak sempat diantisipasi. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara cek performa PC Windows 10 dimana ini tidak hanya buat PC saja akan tetapi bisa juga dipraktekan pada laptop. Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara cek spesifikasi komputer yang bisa sobat pelajari langkah-langkahnya pada tulisan sebelumnya.

Kegiatan pengecekan terhadap kondisi kesehatan komputer terutama segi hardware-nya perlu sobat lakukan secara berkala, paling tidak seminggu sekali lah. Tujuannya jelas agar kita bisa mengantisipasi sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan komputer atau laptop kita.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cek performa PC bagi sobat pengguna OS Windows 10 :

Pertama, Silahkan sobat klik start di pojok kiri bawah kemudian pilih setting. Atau bisa juga menggunakan shortcut, yakni dengan menekan tombol Window + I secara bersamaan.

Lakukan Langkah Awal Cek Performa PC

Langkah Cek Performa PC

Kedua, pilih Update & Security.

Cek Update & Security di Komputer

Update & Security

Ketiga, Pilih Windows Security kemudian pilih Device Performance & Health,

Pilih Windows Security dan Device Performance & Health

Windows Security dan Device Performance & Health

Maka akan muncul pop up yang berisi tentang informasi performa komputer atau laptop sobat.

Begini Cara Cek Performa PC Windows 10

Performa PC Windows 10

Jika indikastor yang ditampilkan berwarna hijau berarti kondisi komputer dalam keadaan bagus dan tidak ada masalah.

Untuk mengontrol kondisi komputer atau laptop ketika sedang bekerja (dinyalakan) maka sobat bisa mengontrolnya dengan cara melihat statistik di Task manager. Untuk masuk ke halaman Task Manager caranya sangat gampang, silahkan telan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan, pilih Task manager maka akan muncul pop up seperti di bawah ini :

Begini Cara Control Kondisi Komputer Saat Menyala

Control Kondisi Komputer

Jika komputer kelelahan maka ia akan berbunyi mendengung cukup kerap dan indikator warna berwarna merah, biasanya karena sobat membuka software yang memerlukan spek yang tinggi. Lihat pada bagian tab Processes dan Performance, kalau saya sendiri selalu mengupayakannya di bawah 50%.

Demikianlah cara cek performa PC khususnya bagi sobat pengguna OS Windows 10 yang bisa dipraktekan baik oleh pengguna komputer atau pun laptop. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.