Cara Membaca Iqlab Berikut Contoh Bacaannya Dalam Al-Quran

Cara Membaca Iqlab Berikut Contoh Bacaannya Dalam Al-Quran

Cara Membaca Iqlab dan Contohnya | Iqlab adalah termsauk salah satu hukum nun mati dan tanwin, untuk penjelasan mengenai pengertian hukum bacaan iqlab dalam ilmu tajwid sendiri sudah dijelaskan secara lengkap pada tulisan sebelumnya, bagi sobat yang masih belum memahami apa itu iqlab silahkan dibaca tulisan sebelumnya tersebut. Adapun peda kesempatan ini kita akan belajar bagaimana cara membaca hukum bacaan iqlab yang bisa sobat dengarkan contoh bacaannya pada beberapa ayat dalam surat al-Baqarah.

Untuk jumlah hukum nun mati dan tanwin, sobat bisa pelajari disini : 4 Hukum Nun Mati Dan Tanwin Serta Skema Pembagiannya

Cara Membaca Iqlab Berikut Contoh Bacaannya Dalam Al-Quran

Cara Membaca Iqlab Surat Al-Baqarah

Pada dasarnya, bacaan iqlab sendiri adalah merubah bunyi bacaan nun mati atau juga tanwin menjadi bacaan mim dan huruf setelahnya adalah Ba ( ب ). Berikut ini adalah contoh cara membaca iqlab yang diambil dari surat al-Baqarah yang terdiri dari beberapa ayat :

أَلِيمٌ بِمَا (Al-Baqarah : 10)

أَنبِئُونِي (al-Baqarah : 31)

أَبَدًا بِمَا (Al-Baqarah : 95)

أَنبَأَهُم (al-Baqarah : 33)

رَسُولٌ بِمَا (Al-Baqarah : 87)

سُنبُلَة (al-Baqarah : 261)

Sebagaimana telah disinggung pada paragraf pertama bahwa untuk membaca hukum bacaan iqlab adalah mengganti bacaan huruf nun mati atau pun tanwin menjadi bacaan mim ketika bertemu huruf Ba ( ب ) dalam al-quran, baik dalam satu kalimat ataupun dua kalimat.

Semoga dengan tulisan ini bisa memberikan gambaran bagi sobat bagaimana cara membaca iqlab yang benar berdasarkan ilmu tajwid. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.