Cara Membuat Garis Pembatas dan Ruler di Microsoft Word

Cara Membuat Garis Pembatas dan Ruler di Ms Word

Dalam mengoprasikan Microsoft Word kita pastinya membutuhkan garis pembatas dan ruler agar bisa memudahkan pekerjaan ketika membuat sebuah dokumen. Kami ini kita akan belajar bagaimana cara membuat Text Boundaries atau menampilkannya pada software sobat yang sudah terinstal di laptop atau komputer.

Ini mungkin tutorial yang sangat simple dan sederhana namun pastinya masih banyak di antara sobat pemula yang baru mengenal komputer yang masih asing atau belum tahu bagaimana cara menampilkan garis pembatas di Ms Word dan juga bagaimana cara menampilkan rules dengan sangat mudah.

Silahkan sobat ikuti langkap sederhana berikut ini :

Garis Pembatas atau Tepi

Untuk menampilkan garis pembatas atau garis tepi caranya sangat mudah, yakni pilih menu “File” >> Option >> Advanced. Silahkan scroll ke bawah, temukan bagian “Show Document Content” kemudian centak kotak “Show Text Boundaries” terakhir piloh OK.

Cara Mudah Membuat Garis Pembatas dan Ruler di Word 2010

Membuat Garis Pembatas

Jika langkah di atas dilakukan dengan benar maka garis pembatas atau garis tepi otomatis akan muncul pada lembar kerja microsoft word sobat.

Menampilkan Ruler

Adapun untuk menampilkan rules atau penggaris caranya sangat mudah, silahkan sobat pilih menu “View” kemudian ceklis kotak “Ruler” maka secara otomatis penggaris pada lembar kerja dokumen sobat akan muncul. Perhatikan gambar di bawah :

Cara menampilkan Ruler Atau Penggaris Pada MS word 2010

menampilkan Ruler Atau Penggaris

Untuk menentukan satuan ukuran pada penggaris tersebut, sobat bisa mengaturnya sendiri misalkan dalam satuan Inci, CM dan lain-lain. caranya adalah dengan memilik menu “File” >> options > Advanced, kemudian scrol ke bawah, pada bagian “Display” pilih “show measurement in units of” kemudian ganti ukuran satuan sesuai dengan kebutuhan sobat misalnya centimeter (cm), dan terakhir pilih OK.

Cara di atas bisa sobat praktekan pada microsoft word dengan berbagai versi, baik versi 2007, 2010, 2013 dan 2016, mungkin hanya akan berbeda tampilannya saja dimana pada dasarnya semua cara pengaturannya sama.

Pelajari juga : Cara Menampilkan Menu Di Word

Demikianlah tutorial sederhana bagaimana cara membuat atau menampilkan garis pembatas dan Ruler di MS Word khususnya bagi sobat yang menggunakan versi 2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.