Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Dengan Mudah

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10

Komputer adalah perangkat yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita pastinya akan merasa sangat senang manakala bisa menggunakannya dengan lancar. Namun apa jadinya jika komputer atau laptop yang menjadi andalan kita untuk mengerjakan tugas terasa lemot, menyebalkan bukan? Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi komputer lemot khususnya bagi sobat yang menggunakan OS windows 10.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer kita menjadi lemot, terutama laptop ya, karena dengan spesifikasi yang sama kekuatan laptop biasanya lebih rendah dibandingkan komputer.

Berikut ini beberapa cara yang perlu sobat lakukan untuk mengatasi komputer lemot tadi:

  • Hindari Aplikasi Berjalan Bersamaan (MultiTasking)

Saat menggunakan komputer kita pasti akan membuka software secara bersamaan misalnya membuka Office word, ditambal corel, pemutar lagu dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak masalah membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan (multitasking) asalkan spek komputer yang sobat gunakan cukup tinggi, jika tidak maka akibatnya akan membuat komputer lemot.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Sering kali pengguna komputer asal instal saja aplikasi atau software pada komputernya pada tidak butuh-butuh banget, hanya karena kebutuhan sesaat kita menginstalnya, habis itu dibiarkan tanpa di hapus. Jika sobat menginstal software pada komputer pastikan software tersebut benar-benar dibutuhkan, jika jarang dipakai sebaiknya hapus saja.

  • Menonaktifkan aplikasi Starup yang tidak diperlukan

Saat kita mulai menjalankan komputer maka tanpa kita ketahui ada beberapa program-program yang berjalan secara otomatis. Jika program tersebut terlalu banyak maka ini akan menyebabkan komputer atau laptip kita berjalan lambat.

Silahkan sobat non-aktifkan program tersebut dengan cara :

Tekan Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan kemudian pilih tab “Starup

Pilih aplikasi yang tidak diperlukan, klik kanan pada aplikasi tersebut kemudian pilih DISABLE.

  • Hindari Penggunaan Software Yang Berat

Sebagai pengguna komputer seharusnya sudah mengetahui secara detail kemampuan komputer yang kita gunakan, jangan sampai menggunakan (instal) software yang membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Spek pada komputer anda.

Adapun software yang berat tersebut biasanya software yang berkaitan dengan multimedia seperti Corel, Photoshop, Adobe Premier dan lain-lain. Pastikan anda mengetahui Minimum Required Specifications sebelum menginstalnya pada komputer.

  • Hapus File Sampah

Apakah sobat sering memperhatiakn file sampah pada komputer? Ya, ini bisa jadi salah satu penyebab kenapa kinerja komputer menjadi lemot. Lakukan penghapusan pada file sampah secara berkala agar tidak membebani harddisk.

Sobat bisa menggunakan aplikasi pembersih harddisk bawaan windows yakni Disk CleanUp atau menggunakan aplikasi CCleaner.

  • Defrag

Defrag merupakan uapaya untuk menata kembali data-data yang terdapat dalam komputer kita, setiap data yang tersimpan di harddisk jika tidak dirapikan maka akan membebani yang pada akhirnya membuat komputer menjadi lemot.

Lakukan kegiatan defrag dengan menggunakan aplikasi bawaan yakni Defragment And Optimize Drives, cari saja di kolom search, atau dengan menggunakan aplikasi lain.

  • Ruang Kosong Hardisk yang Sedikit

Agar berjalan normal, harddisk pada komputer harus memiliki ruang kosong yang cukup, paling tidak 25% dari total ruang keseluruhan. Periksa apakah Harddisk komputer atau laptop sobat masih memiliki ruang kosong yang banyak, jika sudah sedikit biasanya ini menjadi penyebab kenapa komputer menjadi lemot.

Silahkan cek kapasitas setiap partisinya, jika indikatornya partisinya sudah merah itu berarti tandanya ruang kosong harddisk sudah mepet dan harus segera di tambah atau dihapus beberapa filenya.

Sebenarnya masih banyak penyebab lain kenapa komputer bisa lemot, hanya saja Beberapa alasan di atas adalah masalah umum yang menyebabkan komputer atau laptop menjadi lemot, selalu perhatikan kondisi komputer sobat agar kita bisa menggunakannya dengan nyaman.

Demikianlah cara mengatasi komputer lemot khususnya bagi sobat pengguna OS windows 10. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.