Cara Mengatasi Mozilla Terbuka Sendiri Di Komputer dan laptop

Bagaimana Cara Mengatasi Mozilla Terbuka Sendiri ?

Salah satu browser yang paling banyak penggunanya saat ini adalah mozilla firefox. Secara normal browser hanya akan terbuka apabila kita membukanya sendiri dengan cara klik di bagian start atau icon layar desktop, namun jika terkena virus / malware mozilla suka terbuka dengan sendirinya. Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan, bukan? Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi mozilla terbuka sendiri pada komputer atau laptop sobat.

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana Cara Menginstal Mozilla Firefox Lengkap Dengan Gambarnya pada postingan sebelumnya.

Berikut ini langkah yang perlu sobat lakukan agar mozilla yang suka terbuka sendiri dapat teratasi :

Ada 2 cara yang biasa saya lakukan, yakni menggunakan system restore dan aplikasi.

Penggunaan system restore memang sangat ampuh untuk mengatasi masalah virus di komputer, bahkan tidak hanya virus jika sobat ingin mengembalikan file yang terhapus secara permanent pun bisa dilakukan dengan cara tersebut. Namun, cara tersebut sendiri agak sedikit rumit terutama bagi sobat yang awam dengan penggunaan komputer.

Adapun yang akan dibahas kali ini adalah cara ke 2 yakni dengan bantuan aplikasi. Adapun aplikasi bantuan yang akan kita gunakan adalah AdwCleaner. Silahkan sobat download terlebih dahulu aplikasi disini : Download AdwCleaner

Untuk menjalankannya sobat cukup double click saja, maka akan muncul seperti ini :

Bagaimana Cara Mengatasi Mozilla Terbuka Sendiri Dengan AdwCleaner

Mengatasi Mozilla Terbuka Sendiri

Maka akan muncul tampilan scanning seperti ini :

Proses Scanning Virus Menggunakan AdwCleaner

Proses Scanning

Jika proses scanning selesai maka akan tampak virus yang perlu dihapus. Namun sebelumnya harus di-quarantine terlebih dahulu. Silahkan sobat ceklis file yang mencurigakan, kemudian klik “Quarantine” :

Cara Proses Quarantine dan Delete Virus

Quarantine dan Delete Virus

Namun perlu diperhatikan bahwa proses di atas akan mengeluarkan semua aplikasi yang sedang sobat buka di komputer. Jadi, sebelum melakukan proses di atas silahkan sobat SAVE terlebih dahulu jika sedang mengerjakan dokumen atau projek seperti di Microsoft Word, corel, Adobe dan lain-lain. Lebih aman lagi jika semuanya program dislose terlebih dahulu sebelum melalukan proses seperti pada langkah di atas.

Jika semua file yang dicurigai sudah diceklis, silahkan klik “Quarantine”, maka akan muncul pop up yang meminta komputer sobat untuk melakukan “Restart”. Silahkan Klik OK.

Proses Hapus Virus Browser Dengan AdwCleaner

Hapus Virus Browser

Demikianlah langkah-langkah secara lengkap bagaimana cara mengatasi mozilla terbuka sendiri dengan menghapus virusnya menggunakan aplikasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.