Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Atau PC

Bagaimana Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop ?

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop | Setiap kita membuat file berbentuk dokumen misalnya dokumen Ms Word atau project di laptop atau komputer pastinya akan disimpan, namun bagaimana jika file yang telah capek-capek kita buat tersebut terhapus atau tiba-tiba hilang ? Sobat tenang saja, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengembalikannya baik yang terhapus sementara maupun permanen. Tutorial ini dibuat menggunakan experiment di windows 10 namun ini bisa juga dipakai di windows versi 7 atau 8.

Cara ini dibagi 2 jenis, yakni terhapus sementara dan terhapus permanent.

Berikut ini adalah cara mudah bagaimana mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC kalian :

Terhapus Sementara

Yang dimaksud dengan terhapus sementara ini pada dasarnya ia tidak benar-benar hilang dari laptop kalian, hanya saja ia berpindah tempat, dimana file tersebut yang sebelumnya ada di folder “Data” misalnya kemudian terhapus maka dia akan pindan ke folder “Recycle Bin“.

Recycle Bin sendiri merupakan fitur bawaan windows dimana ia adalah tempan menampung semua file yang terhapus. Silahkan sobat cek folder Recycle Bin, jika filenya masih ada maka cara mengembalikannya cukup dengan klik kanan pada file tersebut kemudian pilih “Restore“, lihat gambar di abwah :

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop dan PC

Mengembalikan File Yang Terhapus

Terhapus Permanent

  • Cara Pertama

Jika file yang sobat cari tidak ada di “Recycle Bin” berarti file tersebut terhapus secara permanent. Jangan khawatir, kita masih bisa mengembalikannya lagi denganmudah, namun pastikan sobat sudah mengaktifkan file history sebelumnya. Untuk mengaktifkannya silahkan lihat disini : Cara Mengaktifkan File History Windows 10

Selanjutnya, silahkan klik kanan di folder dimana file tersebut terhapus, pilih “Restore Previous versions”, kemudian pilih tab “Previous versions”.

Pilih folder terakhir yang ingin sobat restore, kemudian tinggal restore folder tersebut ke posisi terakhir sebelum data tersebut hilang terhapus.

  • Cara Kedua

Adapun cara kedua ini adalah dengan bantuan aplikasi, ada banyak pilihan aplikasi yang bisa sobat pakai secara gratis, diantaranya sobat bisa menggunakan Recuva atau bisa juga menggunakan Minitool Data Recovery yang mana keduanya cukup ampuh untuk mengembalikan file yang terhapus.

Demikianlah petunjuk lengkap bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop ataupun PC khususnya yang menggunakan sistem oprasi Windows 10. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.