Cara Mengubah Isim Mufrad Ke Isim Tatsniyah Dalam Kaidah Nahwu Bahasa Arab

Cara Mengubah Isim Mufrad Ke Isim Tatsniyah Dalam Kaidah Bahasa Arab

Cara Mengubah Isim Mufrad Ke Isim Tatsniyah | Isim tatsniyah adalah bentuk isim dari segi jumlahnya, dimana ia menunjukan pada bilangan dua misalnya “dua buku” “dua orang” dan lain-lain. Pada tulisan ini tidak akan menjelaskan apa itu isim tatsniyah lebih lanjut karena penjelasannya telah kita bahas pada tulisan sebelumnya tentang pengertian isim tatsniyah pada tulisan sebelumnya, namun tulisan ini akan menjawab pertanyaan dari sobat pembaca tentang bagaimana caranya mengubah bentuk kalimat yang tadinya mufrad menjadi tatsniyah.

Pelajari juga : Perbedaan Antara Isim Mufrad Tatsniyah Dan Jamak

Adapun cara mengubah isim mufrad ke isim tatsniyah adalah sebagai berikut :

Sebagaimana pengertiannya bahwa yang dimaksud dengan isim tatsniyah ialah lafadz yang menunjukan bilangan dua yang ditunjukan dengan memakai alif dan nun pada huruf akhirnya bila mana dalam keadaan rafa’, kemudian menggunakan huruf iya dan nun bila dalam kedudukan nashab dan jar.

Dari pengertiannya sendiri sudah sangat jelas bahwa untuk membuat kalimat menjadi isim tatsniyah adalah dengan menambahkan alif dan nun ( ن + ا ) pada ujung kalimat tersebut jika kalimat tersebut kedudukannya rafa, namun jika kalimat tersebut kedudukannya nashab atau jar maka menggunakan ya dan nun ( ن + ي )

Contoh :

1. رَجُلَانِ فِى الفَصْلِ = Dua orang laki-laki di kelas (rafa’)

2. رَأَيْتُ رَجُلَيْنِ فِى الفَصْلِ = Aku melihat dua orang laki-laki di dalam kelas (Nashab)

3. مَرَرْتًُ بِرَجُلَيْنِ = Aku melewati dua orang laki-laki (jar)

Kata رَجُلَانِ pada contoh nomor 1 menjadi i’rab rafa karena kedudukannya menjadi mubtada.

Kata رَجُلَيْنِ pada contoh nomor 2 menjadi i’rab nashab karena kedudukannya menjadi maf’ul bih.

Kata بِرَجُلَيْنِ pada contoh nomor 3 menjadi i’rab jar karena kedudukannya menjadi majrur dari huruf jar ب.

Dari penjelasan di atas kiranya sobat sudah bisa memahami bagaimana cara mengubah isim mufrad ke isim tatsniyah yaitu dengan cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Demikianlah jawaban mengenai bagaimana cara mengubah isim mufrad ke isim tatsniyah dalam kaidah ilmu nahwu bahasa arab. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.