Pengertian Dan Contoh Idgham Bilaghunnah Beserta Suratnya

Pengertian Idgham Bilaghunnah

Materi kali ini adalah bagian kedua dari pembagian idgham yaitu pengertian dan contoh idgham bilaghunnah beserta suratnya dalam al-quran, atau dengan nama lain disebut juga Idgham Bighairi Ghunnah, dimana ia masih tergolong dalam hukum bacaan nun mati dan tanwin. Mungkin diantar pembaca blog adinawas.com ini masih ada yang belum faham bagaimana pengertiannya, apa saja huruf-hurufnya serta bagaimana contoh dari masing-masing hurufnya.

Mempelajari materi ini tentunya harus difahami juga bagian idgham yang pertama yaitu idgham bighunnah yang bisa sobat lihat pada artikel sebelumnya.

Pengertian Dan Contoh Idgham Bilaghunnah Beserta Suratnya

Hukum Idgham Bighairi Ghunnah

Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian idgham bighairi ghunnah atau bilaghunnah, lengkap dengan anggota huruf dan contohnya serta nama surat dan ayat dimana contoh tersebut berada.

Adapun pengertian idgham bilaghunnah secara bahasa berarti “tanpa ghunnah atau tanpa dengung“, maka yang dimaksud secara istilah ialah hukum bacaan idgham yang mana dibaca tanpa mendengung, ia merupakan kebalikan dari bagian idgham yang pertama yaitu idgham bighunnah.

Anggota Huruf

Anggota huruf idgham ini termasuk yang paling sedikit yaitu hanya ada 2 huruf saja. Adapun jumlah huruf yang 2 tersebut yaitu ل dan ر

Contoh Idgham Bilaghunnah Beserta Suratnya

Untuk memudahkan sobat dalam memahaminya, berikut ini adalah contoh bacaan idgham bighairi ghunnah beserta suratnya dan cara membacanya yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

No

Huruf

Nun mati

Tanwin

1

ل

مِنْ لَدُنْهُ

An Nisa : 40

هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ

Al-Humazah : 1

2

ر

مِنْ رَبِّهِمْ

Al-Baqarah : 5

غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Al-Baqarah : 173

Untuk contohnya lebih banyak bisa sobat lihat disini : Kumpulan Contoh Idgham Bilaghunnah Dalam Surat Pendek

Simak cara baca contoh idgham di atas yang sesuai dengan ilmu tajwid disini :




Contoh idghom ini banyak terdapat dalam al-quran, baik dalam surat al-baqarah, An-Nisa, AL-Humazah dan juga surat-surat lainnya. Untuk kumpulan contohnya yang lebih banyak dan lengkap insyaallah akan ditulis pada postingan selanjutnya.

Perlu sobat ketahui bahwa idgham bilaghunnah disebut juga dengan nama idgham tam atau idgham sempurna, dinamai demikian karena huruf dan sifatnya hilang bersamaan.

Sampai disini penjelasan lengkap mengenai bagaimana definisi idgham bilaghunnah baik secara bahasa maupun istilah, lengkap dengan contoh beserta suratnya. Wallahu a’lam bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.