Kumpulan Dasar Hukum Zakat Menurut Al-Quran Dan Hadits Serta Penjelasannya

Kumpulan Dasar Hukum Zakat Menurut Al-Quran Dan Hadits

Dasar Hukum Zakat | Zakat adalah termasuk salah satu rukun islam yang berjumlah 5 rukun, oleh karenanya setiap orang islam wajib mengeluarkan zakatnya dengan catatan ia termasuk orang yang mampu secara ekonomi. Kewajiban tersebut tentunya bukan tanpa adalasan, ada banyak dasar hukum atau dalil yang menunjukan bahwa zakat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Pada artikel kali ini akan mengemukakan apa saja yang menjadi dasar hukum perintah wajibnya mengeluarkan zakat berdasarkan dalil al-Quran dan hadits Nabi.

Baca juga : Kumpulan Benda Yang Wajib Dizakati

Adapun kumpulan dasar hukum zakat tersebut diantaranya terdapat dalam surat al baqarah ayat 43 dan at taubah ayat 11. Sebenarnya, ada banyak sekali ayat yang berkaitan dengan dalil hukum zakat tersebut hanya saja disini hanya disebutkan sebagaian kecilnya saja.

Berikut ini adalah dasar hukum zakat pada al-Quran yang ditulis dalam teks arab dan latin serta pada hadits Nabi Muhammad saw :

Al-Quran

Surat al baqarah ayat 43

وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ ٤٣

Latin : Wa Aqīmuṣ-Ṣalāta Wa Ātuz-Zakāta Warka’ụ Ma’ar-Rāki’īn

Artinya : dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.

 Surat at Taubah ayat 11

فَإِن تَابُواْ وَأَقَامُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَوُاْ ٱلزَّكَوٰةَ فَإِخۡوَٰنُكُمۡ فِي ٱلدِّينِۗ وَنُفَصِّلُ ٱلۡأٓيَٰتِ لِقَوۡمٖ يَعۡلَمُونَ ١١

Latin : Fa In Tābụ Wa Aqāmuṣ-Ṣalāta Wa Ātawuz-Zakāta Fa Ikhwānukum Fid-Dīn, Wa Nufaṣṣilul-Āyāti Liqaumiy Ya’lamụn

Artinya : jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, Maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.

Hadits

Seperti halnya dalam al-Quran, dasar hukum zakat dalam hadits pun ada banyak sekali. Yang dikutip pada tulisan ini hanyalah salah satunya saja yakni hadits yang diriwayatkan oleh imam muslim berikut ini :

Dari Ibnu Umar r.a. “Bahwa Rasulullah saw bersabda, “Islam dibangun atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, membayar zakat, pergi haji, dan puasa di bulan ramadhan.” (HR Muslim)

Baca juga : Delapan Golongan Penerima Zakat Menurut Al-Quran

Dari pemaparan berdasarkan dalil-dalil al-Quran dan hadits di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa zakat adalah merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Demikian uraian mengenai dasar hukum zakat yang bersumber dari al-Quran dan hadits Nabi Muhammad saw. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.