Penggalan Hadits Kebersihan Sebagian Dari Iman Dengan Terjemahnya

Penggalan Hadits Kebersihan Sebagian Dari Iman

Artikel ini dibuat buat sobat yang sedang mencari penggalan hadits kebersihan sebagian dari iman yang mungkin dibutuhkan untuk tugas sekolah misalnya untuk membuat sebuah makalah. Untuk itu, disini akan dimuat kutipan hadits tentang kebersihan dalam teks bahasa arab lengkap dengan artinya yang diambil dari Kitab Hadits Arba’in Nawawi.

Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebuah pribahasa النَظَافَةُ مِنَ الإِيمَانِ (kebersihan sebagain dari iman). Setiap muslim harusnya sudah menyadari akan pentingnya sebuah kebersihan dimanapun ia berada baik di rumah, di sekolah dan lain-lain.

Berikut ini adalah penggalan teks bahasa arab tentang hadits kebersihan sebagian dari iman lengkap dengan terjemahnya :

عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلًمَ : (( الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالصَّلَاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا )) [رواه مسلم]

Artinya: Dari Abu Malik al-as’ari berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Bersuci itu sebagian dari iman, membaca alhamdulillah adalah memenuhi timbangan amal, membaca subhanallah wal hamdulillah adalah memenuhi seisi langit dan bumi, salat sunah adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, sabar adalah sinar yang memancar, dan Al-Qur’an adalah hujjah (argumen) dalam pembicaraanmu. Setiap manusia pada waktu pagi hari, hakekatnya harus memperjual belikan dirinya. Ada kalanya ia laba (selamat dari maksiat) dan ada kalanya rugi (terseret maksiat) (H.R. Muslim)

Jika kiat melihat terjemah pada hadits kebersihan sebagian dari iman di atas maka kita kan mengetahui akan pentingnya prilaku bersih dan menjaga kebersihan dalam kehidupan kita sehari-hari. Teks hadits yang berbunyi “Bersuci itu sebagian dari iman” memiliki makna bahwa tidaklah sempurna imannya seseorang jika ia tidak bisa menjaga kebersihan.

Di negara kita sendiri, kebersihan merupakan hal yang sangat mahal, masyarakat kita masih kurang memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan. Harus kita akui bahwa untuk masalah kebersihan kita masih tertinggal jauh dari negara tetangga apalagi jika dengan negara-negara di eropa.

Apa yang kami tulis disini mengenai penggalan hadits kebersihan sebagian dari iman dan artinya semoga bisa memberikan manfaat untuk sobat yang sedang mencari informasi mengenai hadits tersebut. Waallahu A’lam Bisshawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.