Penggalan Hadits Tentang Berkata Baik Atau Diam Dan Terjemahannya

Penggalan Hadits Tentang Berkata Baik Atau Diam

Mulutmu harimaumu, mungkin itu salah satu faktor kenapa kita harus berkata baik atau diam dimana hal ini juga ditegaskan dalam hadits tentang berkata baik atau diam yang diriwayatkan oleh Imam bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra. Ada pepatah lain yang berbunyi “diam itu emas”, dalam kata lain pepatah tersebut mengatakan berkatalah dengan bijaksana supaya kamu selamat, jika itu baik ungkapkanlah namun jika buruk lebih baik diam. Selain dalam hadits, al-Quran juga menegaskan supaya kita menjaga lisan dengan baik.

Ada sebuh pepatah dalam bahasa arab yang berbuunyi :

سَلَامَةُ الإِنْسَانِ فِي حِفْظِ اللِسَانِ

Artinya : Seseorang akan selamat manakala ia menjaga lisannya.

Pepatah tersebut sangat jelas bahwa jika kita ingin selamat maka jagalah lisan kita, jika kita tidak bisa menjaga lisan maka sering kali kita akan mendapatkan masalah.

Berkenaan dengan hadits nabi yang berkaitan dengan menjada lisan tersebut, berikut ini adalah Penggalan Hadits Tentang Berkata Baik Atau Diam dalam tulisan arab dilengkapi dengan Terjemahannya :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ، ومَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلَا يُؤْذِ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ.(رواه البخاري ومسلم)

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda : barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kahir maka hendaklah ia menghormati tetangganya, barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menghormati tamunya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika melihat terjemah dari hadits di atas sangat tegas bahwa menjaga lisan memiliki kaitan dengan keimanan kita kepada Allah dan hari akhir, ini berarti menjaga lisan adalah sesuatu yang sangat penting hingga taruhannya adalah keimanan kita kepada Allah SWT.

Selain dalam hadits sebagaimana disebutkan di atas, al-Quran mengajarkan kepada kita sebuah doa agar kita bisa menjaga lisan baik saat di dunia maupun di akhirat.

Allah swt berfirman yang dimuat dalam al-Quran surat asy-Syu’ara ayat 84 :

وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ

Artinya : dan Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) Kemudian.

Demikianlah pembahasan mengenai Penggalan Hadits Tentang Berkata Baik Atau Diam dilengkapi dengan Terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Waallahu A’lam Bisshawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.