Hadits Tentang Mencintai Anak Yatim Riwayat Ibnu Majah Dari Abu Hurairah

Hadits Tentang Mencintai Anak Yatim Riwayat Ibnu Majah

Kita tentunya sepakat bahwa kita wajib mencintai anak yatim, memelihara dan menyantuninya. Ada beberapa hadits tentang mencintai anak yatim dalam kitab hadits, namun pada artikel kali ini hanya akan mencantumkan hadits tentang anak yatim tersebut yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abu Hurairah. Sebelumnya juga kita telah membahas dalil ayat quran tentang anak yatim pada postinagn sebelumnya.

Setiap anak yang lahir kedunia pastinya membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya, bahkan kasih sayang lebih berharga dari pada harta karena yang dibutuhkan seorang anak dalam masa pertumbuhannya adalah kasih sayang dan panutan yang bisa membimbing dan memberikan contoh yang baik sehingga ia bisa tumbuh menjadi dewasa dengan karakter yang baik.

Berikut ini adalah Hadits Tentang Mencintai Anak Yatim dan artinya yang diriwayatkan oleh  Ibnu Majah dan diterima Dari Abu Hurairah R.A. :

أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ ، قَالَ : أَخْبَرَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي أَيُّوبَ ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَبِي الْعَتَّابٍ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” خَيْرُ بَيْتٍ فِي الْمُسْلِمِينَ بَيْتٌ فِيهِ يَتِيمٌ يُحْسَنُ إِلَيْهِ ، وَشَرُّ بَيْتٍ فِي الْمُسْلِمِينَ بَيْتٌ فِيهِ يَتِيمٌ يُسَاءُ إِلَيْهِ “(رواه ابن ماجه) , ثُمَّ قَالَ بِأُصْبُعَيْهِ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ كَهَاتَيْنِ , وَهُوَ يُشِيرُ بِأُصْبُعَيْهِ ” (رواه البخاري)

Dari abu hurairah R.A. : “Sebaik-baik rumah kaum Muslimin ialah rumah yang terdapat di dalamnya anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan seburuk-buruk rumah kaum Muslimin ialah rumah yang didalamnya terdapat anak yatim tapi anak itu diperlkukan dengan huruk”. Kemudian beliau berkata : “Aku (Muhammad SAW) dan pengasuh anak yatim kelak disurga seperti dua jari ini (Rasulullah SAW menunjuk jari telunjuk danjari tengah dan merapatkan keduanya)”.

Jika dilihat dari pernyataan hadits di atas, sungguh mulia dan beruntung orang yang mampu mencintai dan memelihara anak yatim di rumahnya bahkan Rasulullah SAW memberikan jaminan surga bagi yang mau mengasuh anak yatim.

Demikian kutipan teks Hadits Tentang Mencintai Anak Yatim memelihara dan menyantuninya yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah Dari Abu Hurairah R.A. Wallau A’lam Bisshawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.