Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara

Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara

Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara – Menikah merupakan takdir tuhan yang sangat diidam-idamkan oleh seluruh umat mamusia karena dengan menikah maka kita akan memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun di kahirat. Namun, ketika kita ingin menikah maka hendaknya kita mempertimbangkan empat perkara sebagai pegangan untuk memilih seorang perempaun untuk dijadikan istri.

Baca Juga : Hadits Tentang Ilmu

Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara

Hadits Tentang Menikahi Wanita

Nabi muhammad SAW telah mengajarkan kita tentang hadits tentang menikahi wanita karena 4 perkara, dimana ini adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam bukhori dan imam muslim dari abu hurairah r.a. Adapun bunyi dari hadits tersebut adalah sebagai berikut :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ ِلأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

(رواه البخاري و مسلم عن أبى هريرة)

Artinya :

Seorang wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung. (Dikutip dari kitab mukhtar al-hadits an-nabawi hal 63 n0 21.)

Baginda nabi Muhammad SAW memberikan pedoman kepda kita ketika kita ingin menikahi seorang perempuan maka hendaknya mempertimbangkan empat hal, yaitu :

  1. Hartanya
  2. Keturunannya
  3. Kecantikannya
  4. Agamanya

Keempat faktor tersebut adalah unsur ideal kenapa seorang perempuan dipilih untuk dijadikan pendamping hidup. Namun yang terpenting dari keempat unsur tersebut adalah unsur agamanya, karena agama akan menjadi fondasi utama dalam membangun sebuah keluarga yang sakinah mawaddah warahmah sebagaimana ditegaskan pada kalimat terakhir dari hadits di atas “فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ” maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung.

Demikianlah Hadits tentang menikahi wanita karena 4 perkara yang diwasiatkan nabi Muhammad kepada agar kita tepat memilih pasangan hidup.

4 responses to “Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara”

  1. fortuna aflahah says:

    bukannya kebalik itu gan. yg pertama agamany

  2. sadunku says:

    Urutan dalam redaksi hadits bukan berarti menunjukan urutan yang paling utama.

  3. Monica says:

    Ijin koreksi gan yg ke 1 itu kecantikan nya yg ke 2 itu hartanya yg ketiga keturunannya yg ke 4 Agamanya

  4. sadunku says:

    Boleh minta referensinya mas?

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.