Hadits Tentang Niat Yang Diriwayatkan Oleh Imam Bukhari dan Muslim

Hadits Tentang Niat Riwayat Imam Bukhari dan Muslim

Setiap amal perbuatan yang kita lakukan pastinya memiliki niat, artikel kali ini akan memuat Hadits Tentang Niat yang mana hadits tersebut Diriwayatkan Oleh perawi hadits yang sangat mashur yakni Imam Bukhari dan Muslim.

Niat adalah sebuah pondasi yang membuat amalan yang kita kerjakan bernilai atau tidak dihadapan Allah SWT, baik itu amalan yang bersifat ibadah mahdloh (vertikal) atau pun Ghair mahdloh (horizontal). Jika kita melihat suatu amalan dengan tinjauan ilmu fiqih maka niat ini selalu menjadi hal utama dalam melaksanakan amalan tersebut.

Berikut ini adalah penggalan Hadits Tentang Niat Yang Diriwayatkan Oleh Imam Bukhari dan Muslim yang diambil dari kitab hadits Arba’in Nawawi :

عَن أمِيرِ المُؤمِنِين أبي حَفْصٍ عُمَرَ بنِ الخَطَّاب – رَضِيَ الله تَعَالى عَنْهُ – قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولُ الله صَلَى الله عَلَيهِ وَسَلَّم يَقُولُ: إنَّمَا الأعْمَالُ بِالنِيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَن كاَنَتْ هِجْرَتُهُ إلَى الله وَرَسُولِهِ; فَهِجْرَتُهُ إلَى الله وَرَسُولِهِ، وَمَن كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا; فَهِجْرَتُهُ إلَى مَا هَاجَرَ إليه. رواه إمامَا المحدِّثين: أبوعبدالله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرةِ بن بَرْدِزْبَهْ البخاريُّ، وأبو الحسين مسلم بن الحَجَّاج بن مسلمٍ القُشيريُّ النيسابوريُّ في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebagain para ulama berpendapat bahwa Hadits yang menjelaskan tentang niat yang diriwayatkan oleh imam bukhari dan muslim ini merupakan sepertiga islamnya seseorang karena setiap amalan seorang muslim pastinya harus memiliki niat.

Demikian artikel kali ini yang memuat Hadits Tentang Niat Yang Diriwayatkan Oleh Imam Bukhari dan Muslim, semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang sedang mencari kutipan hadits yangb erkaitan dengan niat.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.