4 Hal Yang Membatalkan Wudhu Sehingga Kita Harus Mengulanginya

4 Hal Yang Membatalkan Wudhu Menurut Ilmu Fiqh

Tulisan ini akan membahas mengenai apa saja perkara atau hal yang membatalkan wudhu baik bagi laki-laki maupun perempuan karena ternyata masih banyak sahabat kita yang masih belum tahu apa saja perbuatan yang bisa membatalkan wudhu sehingga banyak juga muncul pertanyaan apakah makan atau merokok itu bisa membatalkan wudhu, atau juga hal-hal lain yang sering memunculkan pertanyaan apakah hal tersebut membatalkan wudhu kita atau tidak. Sebelumnya kita telah membahas bagaimana niat dan rukun wudhu yang bisa sobat baca pada artikel sebelumnya.

mengetahui hala apa saja yang membatalkan wudhu tentunya ini sangat penting supaya bisa menghindarkan kita dari hal-hal yang membatalkannya sebelum melakukan kewajiban misalnya shalat jumat atau shalat fardu yang 5 waktu.

Adapun 4 hal yang membatalkan wudhu yang dimaksud ialah sebagai berikut :

1. Keluar Sesuatu dari Qubul dan Dubur

Yang dimaksud dengan qubul ialah alat kelamin sedangkan yang dimaksud dengan Dubur ialah lubang anus. Jika ada sesuatu yang keluar dari salah satu lubang tersebut misalnya buang air kecil atau besar maka wudhunya batal sehingga kalau mau melaksanakan kewajiban maka kita harus wudhu kembali.

2. Hilang Akal

Adapun yang dimaksud hilang akal disini ialah hilang akal yang disebabkan oleh gila, pingsan, mabuk dan tidur nyenyak.

3. Bersentuhan

Bersentuhan adalah hal yang membatalkan wudhu berikutnya, adapun bersentuhan disini maksudnya ialah bersentuhan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim (keluarga yang tidak boleh dinikahi) tanpa memakai penutup atau penghalang antara keduanya.

4. Menyentuh Kemaluan

Yang terakhir adalah menyentul kemaluan baik qubul ataupun dubur dengan telapak tangan atau jari-jari tanpa ada penghalang, baik kemaluan sendiri atau pun kemaluan orang lain.

Uraian di atas adalah perkara yang membatalkan wudhu menurut ilmu fiqh yang diambil dari sumber kitab kuning. Dari uraian tersebuk maka bisa dijawab bahwa makan atau merokok tidaklah membatalkan wudhu hanya saja ia makruh sehingga kita bisa langsung melaksanakan kewajiban namun lebih utama kita berwudhu lagi.

Demikian penjelasan mengenai 4 hal yang membatalkan wudhu yang harus diketahui oleh sahabat yang beragama muslim sehingga kewajiban yang kita laksanakan akan sah. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.