12 Hal Yang Membuat Shalat Batal Baik Sendirian Atau Berjamaah

12 Hal Yang Membuat Shalat Batal Bagi Pria Maupun Wanita

Sebelumnya kita telah banyak membahas mengenai shalat termasuk bagaimana pengertian shalat dan niatnya, kali ini yang akan dibahas adalah apa saja hal yang membuat shalat batal dimana didalamnya memuat 12 poin, baik untuk shalat munfarid atau berjamaah, buat pria maupun wanita. Jika seseorang batal shalatnya maka otomatis ia harus mengulang kembali dari awal sebagaimana urutan rukun shalat yang telah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Hal membuat shalat kita batal disini terdiri dari beberapa macam, dalam arti ada yang boleh langsung mengulang shalatnya namun ada juga yang harus mengambil wudhu kembali misalnya karena kentut karena kentut adalah salah satu hal yang membatalkan wudhu.

Berikut ini adalah12 hal yang membuat shalat batal berikut dengan penjelasannya msaing-masing :

1. Berhadats

Berhadats adalah hal yang membuat shalat batal yang pertama, baik hadats kecil apalagi hadats besar misalnya ketika shalat kita tidak tahan ingin kentut kemudian tidak sengaja ternyata keluar kentutnya maka shalatnya otomatis batal.

2. Terkena Najis

Selanjutnya shalat kita menjadi batal manakala kita terkena najis yang tidak dimaafkan misalnya terkena najis basah yang menempel pada baju, kalau najisnya kering dan langsung dibersihkan dari pakaian maka shalatnya tidak batal.

3. Berbicara Secara Disengaja

Yang dimaksud dengan berbicara disini adalah berbicara yang memberi pengertian kepada orang lain sehingga yang mendengarkan faham bahwa kita telah memberi isyarat dengan pembicaraan tersebut, termasuk juga berdehem ketika ada orang lewat misalnya.

4. Terbuka Aurat

Kemudian hal yang membuat shalat batal adalah terbukanya aurat secara disengaja, atau tidak disengaja namun tidak segera ditutup kembali maka shalatnya batal.

5. Berubah niat

Berubah niat disini dalam ketika shalat kita berniat untuk membatalkannya maka pada saat itu pula shalatnya otomatis menjadi batal.

6. Makan dan Minum

Rasanya ini hal yang membuat shalat batal yang mungkin agak jarang terjadi karena makan dan minum adalah hal yang jauh dari shalat, seandainya itu terjadi maka shalatnya otomatis batal.

7. Bergerak 3 Kali

Jika sedang shalat maka berhati-hatilah dalam bergerak, jangan sampai bergerak diluar rukun shalat dan jika kita melakukannya dengan jumlah 3 kali dan dilakukan secara berturut-turut maka shalatnya batal.

8. Membelakangi Kiblat

Selanjutnya yang akan membuat shalat kita batal ialah Membelakangi kiblat.

9. Menambah Rukun

Kemudian menambahkan rukun shalat juga termasuk membatalkan shalat misalnya ruku’nya dua atau tiga kali.

10. Tertawa

Tertawa jelas akan membuat shalat kita batal karena mengeluarkan ucapan diluar ucapan shalat.

11. Mendahului Imam

Mendahului imam ketika berjamaah termasuk membatalkan shalat jika yang didahuluinya adalah dua rukun shalat secara berturut-turut.

12. Murtad

Yang terakhir adalah Murtad atau keluar dari islam. Ini jelas karena salah satu syarat wajib shalat yang sudah kita bahas pada tulsian sebelumnya.

Demikian penjelasan secara rinci ada saja 12 Hal Yang Membuat Shalat Batal Baik untuk shalat secara Sendirian Atau Berjamaah, baik pria maupun wanita. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.