4 Hal Yang Membuktikan Amalan Riya Menurut Sayyidina Ali Karamallah

Hal Yang Membuktikan Amalan Riya Menurut Sayyidina Ali

Riya adalah penyakit hati yang akan menghancurkan seluruh amalan-amalan kita oleh karenanya hendaknya kita mengetahui apa saja tanda-tanda atau hal yang membuktikan amalan riya seseorang karena ketika kita beramal namun dalam benak kita terselip penyakit riya maka seluruh amalan kita tidak akan diterimka oleh Allah SWT, itulah bahaya Riya yang pastinya akan merugikan kita di Akhirat nanti. Na’uudzubillahi min dzalik.

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah dan hikmah dimana semua pintu rahmat Allah SWT sangat terbuka lebar dan segala amal kebaikan akan dilipat gandakan balasannya. Sungguh merugi jika setiap amalan yang kita lakukan terselip rasa riya.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Bahwa Sorga Adn pernah berkata:

اِنِّى حَرَامٌ عَلى كُلِّ بَخِيلٍ وَمُنَافِقٍ وَمُرَاءٍ

Artinya : “Bahwasannya setiap manusia yang kikir, munafik dan suka dipuji orang, haram mendekati (masuk) kepadaku”.

4 Hal Yang Membuktikan Amalan Riya Menurut Sayyidina Ali Karamallah

Tanda-tanda Amalan Yang Riya

Tulisan tentang tanda atau hal yang membuktikan amalan riya menurut Sayyidini Ali Bin Abi Thalib Karamallahu Wajhah ini dibuat sebagai bahan introspeksi diri bagi kita semua, khususnya buat penulis sendiri, agar kita selalu waspada terhadap bahaya penyakit riya tersebut sehingga semua amalan yang kita lakukan di bulan ramadhan ini bisa menjadi tabungan buat kita di akhirat nanti.

Adapun tanda-tanda atau hal yang membuktikan amalan riya yang dilakukan oleh seseorang adalah sebagai berikut :

Baca Juga :   Latar Belakang Munculnya Kodifikasi Hadits

Malas Ketika Tidak Ada Manusia

Hendaknya kita memperhatikan apakah amalan yang kita lakukan tersebut menjadi terasa malas dilakukan jika tidak ada manusia, dalam arti tidak ada yang melihat kita sedang beramal, jika itu terjadi dalam diri kita hendaknya segera bertaubat agar amalan kita bisa diterima dan diakui oleh Allah SWT.

Tangkas Jika Ada Manusia

Kebalikan dari tanda yang pertama, hal yang membuktikan amalan riya seseorang adalah ia akan menjadi begitu tangkas manakala amalan atau ibadahnya dilihat oleh manusia. Sungguh demikian adalah sasah satu penyakit hati yang harus segera dibersihkan.

Ibadahnya Meningkat Ketika Dipuji

Hati-hati jika ibadah yang kita lakukan senantiasa menjadi meningkat manakala dipuji oleh orang lain. Tidak ada salahnya dengan pujian orang lain, mungkin dia merasa kagum terhadap amalan yang kita lakukan. Namun hal itu jangan sekali-sekali mempengaruhi terhadap ibadah yang sedianya kita lakukan.

Menurun Ketika Amalnya Dicela

Orang yang ikhlas dalam beribadah pasti yang diharapkannya adalah ridho dari Allah SWT. Dia tidak peduli terhadap tanggapan orang lain jika amalannya dicela, maka ketika amalannya dicela oleh orang lain sedikitpun itu tidak akan merubah pendiriannya.

Dengan mengetahui 4 tanda-tanda atau hal yang membuktikan amaln riya seseorang Semoga kita tetap selalu waspada dan bisa terus beramal dengan niatan yang ikhlas karena mengharap ridho dari Allah SWT. Waallahu A’lam Bisshawaab.


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.