6 Hikmah Zakat Yang Dapat Diambil Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Hikmah Zakat Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Hikmah Zakat | Zakat merupakan rukun islam yang ke 3 dimana kita wajib melaksanakannya manakala kita mampu dari segi ekonomi. Disamping sebagai sebuah kewajiban bagi setiap muslim, zakat juga tentunya memiliki hikmah yang luar biasa yang akan didapat jika kita mau membayar zakat. Artikel kali ini akan membahas apa saja yang menjadi hikmah dalam mengeluarkan zakat. Sebelumnya kita sudah belajar bagaimana tujuan utama zakat secara umum yang telah dibahas pada postingan sebelumnya.

Baca juga : Ketahui 3 Landasan Filosofi Zakat Dalam Islam

Berikut ini adalah 6 hikmah zakat yang akan berdampak positif bagi kehidupan bermasyarakat secara umum :

Mengikis Sifat Kikir

Hikmah yang pertama ini berarti melatih seseorang untuk memiliki sifat dermawan, dengan begitu maka ia akanmenjadi orang yang bersyukur atas segala nikmatNya.

Menciptakan Kerukunan

Kesenjangan sosial sering kali menjadi sumber permasalahan terutama tindak kejahatan yang pada akhirnya akan menimbulkan ketidak harmonisan antara si kaya dan miskin. Zakat dapat menghilangkan sifat dengki dan iri dalam hati masyarakat. Dengan adanya syari’at zakat bagi setiap orang yang mampu akan mengurangi kecemburuan sosial dan pada akhirnya menimbulkan ketentraman dalam hidup bermasyarakat.

Memotivasi Untuk Berus Bekerja

Tak ada yang salah menjadi orang kaya bahkan sangat dianjurkan jika kita mampu menjadi orang kaya yang bersyukur, disamping kuat secara ruhani kita juga harus kuat secara ekonomi. Zakat tentunya akan memotivasi seseorang untuk terus bekerja sehingga ia bisa terus berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Mempererat Tali persaudaraan

Adanya zakat tentunya akan menumbuhkan solidaritas yang nyata dan bisa terus berkesinambungan. Ini adalah salah satu poin hikmah zakat yang harus terus menjadi motivasi kita dalam mencari rejeki.

Meningkatkan Daya Beli

Jika seseorang memiliki uang untuk membeli kebutuhannya tentu ini akan meningkatkan daya beli masyarakat secara umum. Zakat tentu akan membuat orang yang tadinya tidak mampu membeli bahan pokok pada akhirnya bisa membeli juga.

Memelihara Persatuan

Manusia adalah makhluk sosial, ia tidak mungkin bisa hidup sendirian. Adanya zakat pastinya akan membentuk dan memelihara tali persatuan diantara pemberi dan penerima zakat.

Baca juga : 5 Adab Membayar Zakat Bagi Muzaki

Demikianlah penjelasan mengenai 6 hikmah zakat yang dapat kita rasakan dalam kehidupan bermasyarakat. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.